Sebaiknya Anda Tahu

Sering Mangkir Bayar Pajak? Siap-siap Dipasangi Alat Pelacak Transaksi Online Ini. Kapan di Kepri?

Suka mangkir bayar pajak? Siap-siap kini ada alat pelacak transaksi online agar pengusaha tak berkelit pajak. Di Surabaya ada, kapan di Batam?

Sering Mangkir Bayar Pajak? Siap-siap Dipasangi Alat Pelacak Transaksi Online Ini. Kapan di Kepri?
pixabay
Ilustrasi pajak online 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA-Pengusaha hotel, restoran, parkir, dan juga tempat hiburan umum di Surabaya yang kerap telat membayar pajak, mesti bersiap untuk dipasangi alat perekam transaksi pajak online dari Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot Surabaya).

Sebab awal tahun depan, sistem pajak online akan segera diberlakukan di Kota Pahlawan setelah disahkannya Peraturan Daerah tentang Pajak Online bulan lalu.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelola Keuangan Yusron Sumartono mengatakan, pembelakukan sistem pajak online ini akan dilakukan secara bertahap.

Pemkot akan membuat pemetaan wajib pajak mana saja dari empat sektor itu yang akan dijadikan pilot project penerapan pajak online.

“Yang nanti kami prioritaskan adalah wajib pajak yang masih kurang patuh. Yang sering telat dan masih laporan keuangan dan pajaknya mencurigakan,” ucapnya.

Mereka yang akan dipasangi alat perekam transaksi real time yang akan terhubung dengan pemkot.

Sehingga tidak ada lagi alasan bagi pengusaha untuk memanipulasi laporan keuangan pajak ke pemkot.

“Sehingga nanti yang suka telat atau yang laporannya janggal nggak akan ada alasan. Transaksi semua tercatat tinggal memotong pajak sesuai dengan perhitungan besaran pajaknya,” ucap Yusron.

Untuk titik hotel, restoran, parkir dan RHU mana yang akan dipasangi, Yusron bisa belum memastikan.

Namun jumlah titiknya akan disesuaikan dengan pengdaaan alat yang akan dilakukan di tahun depan atau di perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun ini.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help