Pengalaman Menikmati Transportasi di Negeri Paling Makmur di Dunia, Norwegia

Norwegia adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia yang berbatasan dengan Rusia, Swedia, Finlandia, dan Denmark

Pengalaman Menikmati Transportasi di Negeri Paling Makmur di Dunia, Norwegia
visitoslo
Kereta Api di Oslo, NOrwegia 

NORWEGIA selama ini memang dikenal sebagai negeri paling makmur se-dunia  (tahun lalu turun peringkat menjadi termakmur kedua setelah Selandia Baru, berdasarkan survei Legatum Institute, London). 

Lantas bagaimanakah rasanya menikmati transportasi di negeri paling makmur itu?

Saya punya pengalaman enam bulan tinggal disana dan tulisan ini menceritakan pengalaman menggunakan transportasi umum di negeri bernama lengkap Kongeriket Norge (Noreg) tersebut.

Norwegia adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia yang berbatasan dengan Rusia, Swedia, Finlandia, dan Denmark.

Saya mulai tinggal disana pada Agustus 2011 sampai Januari 2012. Data yang saya sampaikan pada tulisan ini sudah di-update berdasarkan wawancara saya dengan teman yang akrab disapa Ibu Tirta yang masih tinggal di Oslo sampai sekarang.

Ada empat jenis transportasi umum di Oslo yakni kereta api cepat, bus, monorail, dan kapal. Jenis transportasi ini disesuaikan dengan geografi wilayah Oslo yang terdiri dari daratan dan laut.

1. Kereta Api Bernama T-Bane Metro

Kereta api cepat atau biasa dikenal dengan mass rapid transit (MRT) memang sudah menjadi satu di antara ciri-ciri transportasi massal di negara-negara maju, termasuk sejumlah negara di Eropa. (Di Indonesia MRT juga sedang dalam progres. Semoga cepat kelar walaupun berhadapan dengan sejumlah pro dan kontra). Di Norwegia, khususnya di ibu kotanya, Oslo, kereta api cepat tersebut dikenal dengan nama T-Bane.

Di negara-negara Eropa lainnya dikenal dengan nama Metro. Jika kebanyakan MRT, seperti di Singapura, mayoritas lintasannya berada di bawah tanah, nah lintasan T-Bane ini mayoritas berada di atas tanah. Arti T-Bane (bahasa Norwegia) itu sendiri adalah subway atau underground alias bawah tanah.

T-Bane di Oslo
T-Bane di Oslo ()

Bagi saya, menikmati MRT di atas tanah, tentu saja lebih enak ketimbang di bawah tanah. Sebab, sepanjang perjalanan kita tetap disuguhkan pemandangan alam, perumahan, suasana perkotaan, perkampungan, dan banyak lagi.

Halaman
1234
Penulis: Sri Murni
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved