TribunBatam/

Properti Harga Terbaik

Apakah Saat ini Waktu yang Tepat Membeli Properti?

Keuntungan membeli properti didapat pada saat membeli, bukan pada saat menjual. Bila membeli di lokasi yang bagus, maka keuntungan pasti di tangan

Apakah Saat ini Waktu yang Tepat Membeli Properti?
PT Retzan Indonusa
One Residence Apartement Batam Centre 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Properti termasuk investasi yang banyak diminati masyarakat. Sebab, selalu memberikan keuntungan berlibat bila memilih properti dan investasi di waktu yang tepat.

Apakah saat ini waktu yang tepat membeli properti?

Menurut Chief Project Marketing PT. Indonesian Paradise Property, Reagan Halim, ada tiga indikator yang bisa digunakan untuk melihat peluang investasi yang tepat, yakni tingkat suku bunga Bank Indonesia (SBI), suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan inflasi.

"Saat ini, suku bunga SBI sebesar 4,75 persen. Sedangkan suku bunga KPR turun, dan bahkan ada bank swasta yang memberikan bunga 6 persen. Adapun inflasi sangat rendah. Sebab, pada 2016 saja, inflasi di bawah 4 persen. Hal ini mengindikasikan bahwa harga barang terkontrol dengan baik oleh pemerintah. Ini mengindikasikan ekonomi akan membaik. Sekarang menjadi waktu yang tepat untuk investasi properti," kata Reagan.

Di momentum perekonomian yang akan membaik ini, maka menentukan properti yang tepat untuk investasi juga tidak kalah penting. Sebab, kata Reagan, investasi properti ini juga perlu selektif agar memberikan keuntungan lebih.

Ada tiga hal yang menjadi patokan dalam berinvestasi properti, yakni lokasi, pengembang, dan limitasi. "Tiga hal ini penting dalam membeli sebuah properti sebagai sarana investasi maupun untuk hunian, agar investasi properti menjadi investasi yang sangat menguntungkan," kata Reagan menegaskan.

Mengenai lokasi, terang Reagan, sangat menentukan harga jual. Membeli properti sama dengan membeli lokasi. Lokasi yang sangat strategis akan memiliki nilai jual yang cepat melambung tinggi. "Keuntungan membeli properti didapat pada saat membeli, bukan pada saat menjual. Artinya, bila membeli di lokasi yang bagus, maka keuntungan sudah pasti di tangan," ujarnya.

Sedangkan terkait pengembang atau developer juga tidak kalah penting. Profil atau jejak rekam dari pengembang juga wajib menjadi pertimbangan dalam investasi properti. Hal ini untuk menghindari kegagalan dalam pembangunan, sedangkan konsumen sudah membeli dan membayar. Di sinilah, kata Reagan, perlunya melihat profil dan komitmen pengembang agar tidak terjebak pada investasi yang salah.

Sementara limitasi menjadi bagian nilai tambah yang sangat menentukan investasi. Mengapa? Menurut Reagan, sesuatu yang diproduksi terbatas, maka barangnya mahal. Dengan demikian, semakin sedikit produk yang disediakan oleh pengembang, maka akan bernilai tinggi.

"Itulah mengapa produk mewah selalu tersedia dalam edisi terbatas. Sebab, hal itu akan menunjukan kelas atau segmen terbatas. Dan tentu juga sebagai nilai eksklusif," kata dia lagi.

One Residence, apartemen eksklusif di dekat Kantor BP Batam, Harris Hotel dan Pelabuhan Internasional Batam Centre
One Residence, apartemen eksklusif di dekat Kantor BP Batam, Harris Hotel dan Pelabuhan Internasional Batam Centre ()
Halaman
12
Penulis: Abd Rahman Mawazi
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help