EKSTRIM. Beberapa Cara Memanfaatkan Plasenta Ini Bikin Bergidik

Setelah bayi lahir ke dunia, sebagian ibu tidak langsung membuang plasentanya, melainkan memanfaatkan lebih lanjut untuk kesehatan dan tujuan lain.

EKSTRIM. Beberapa Cara Memanfaatkan Plasenta Ini Bikin Bergidik
Nakita
Plasenta dimanfatkan sebagai karya seni 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Plasenta atau ari-ari merupakan organ yang menghidupi bayi selama sembilan bulan di kandungan.

Plasenta sebetulnya merupakan sistem penyaringan yang mentransfer darah dari ibu ke bayi selama kehamilan melalui tali di bagian tengah yang terhubung dengan pusar bayi.

Plasenta dikelilingi oleh membran (kantung ketuban) yang mampu menahan cairan di sekitar bayi. Karenanya, plasenta diyakini terdiri atas sel-sel terbaik yang berkhasiat dan kandungan nutrisi yang tinggi.

Setelah bayi lahir ke dunia, sebagian ibu tidak langsung membuang plasentanya, melainkan memanfaatkan lebih lanjut untuk kesehatan dan tujuan lain.

Nah, sejauh yang diketahui, ada 5 cara yang mungkin tidak biasa dilakukan dalam memanfaatkan plasenta. Toh, sebagai pengetahuan tidak ada salahnya kita mengetahui 5 ide memperlakukan plasenta yang sebagian tak biasa. Inilah tulisan Michelle Penn yang dilansir dalam situs Baby Hints and Tips berikut info dari negeri kita sendiri:

Dimakan

Mungkin ini terdengar menjijikkan, tetapi ternyata banyak orang percaya bahwa mengonsumsi plasenta menjadikan ibu sehat karena plasenta sendiri merupakan organ pemasok nutrisi dari ibu ke bayi selama 9 bulan. Memang benar, penelitian membuktikan, plasenta kaya akan zat besi. Sumber zat besi tentu saja tidak hanya plasenta. Bukti ilmiah manfaat mengonsumsi plasenta sendiri memang belum ada, bahkan ada agama yang melarang plasenta manusia dimanfaatkan untuk kepentingan apa pun selain kepentingan bayi. 

Selain itu, banyak orang percaya bahwa makan plasenta sendiri dapat melindungi dari kondisi depresi pascapersalinan dan mencegah penuaan. Namun, tidak ada penelitian yang signifikan untuk mendukung klaim ini. Jika pemanfaatan plasenta ini bertentangan dengan aturan keyakinan atau agama yang kita anut, lebih baik cari sumber zat besi lain. Beres, kan?

Mengubahnya Menjadi Pil

Karena makan plasenta dianggap mengerikan, ternyata ada cara lain untuk tetap mengonsumsinya yaitu dengan mengeringkan dan menjadikannya serbuk. Serbuk ini lalu dimasukkan ke dalam kapsul agar mudah ditelan.

Halaman
123
Tags
Bayi
seni
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help