Sebaiknya Anda Tahu

KInerja Lebihi Target, Karyawan Terbaik atau Cari Muka? Anda Jangan Tersinggung!

Kinerja lebihi target, karyawan terbaik atau cari muka? Hasil studi ini mengungkapkan jawaban yang mengejutkan. Ini saran penelitinya!

KInerja Lebihi Target, Karyawan Terbaik atau Cari Muka? Anda Jangan Tersinggung!
thinkstock.com
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Ragam ide dan anjuran untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan, maka Anda memperoleh penghargaan yang sebanding. Namun, apakah benar demikian?

Sebab, tak sedikit keluhan karyawan yang mengungkapkan bahwa kinerja mereka yang selalu melebihi target tidak diapresiasi sesuai ekspektasi.

Baca: Ingin Sukses Lamar Pekerjaan? Ini Warna Busana yang Harus Anda Kenakan Saat Wawancara Kerja

Anda mungkin ingin memperlihatkan pada atasan dan rekan kerja kemampuan yang Anda miliki demi mencapai target yang telah disepakati.

Namun, tahukah Anda bahwa kebanyakan orang dalam lingkup dunia kerja tidak menyukai kejutan, tak terkecuali atasan Anda.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Social Psychological and Personality Science tahun 2014 lalu, menuliskan bahwa kebanyakan karyawan tidak menerima penghargaan signifikan terhadap hasil kerja mereka yang cemerlang dan melebihi target.

Baca: Fantastis! Inilah Industri Bergaji Tertinggi di Indonesia: Ada “Karyawan” Bergaji Pokok Rp 504 Juta!

“Tidak berarti karyawan bekerja dengan standar rata-rata, tetapi ketika Anda memiliki pengalaman bahwa perusahaan tidak memberikan apresiasi tinggi pada kinerja, meski sudah melebihi target, maka usaha itu sia-sia,” tulis penjelasan dalam studi tersebut.

Peneliti menyarankan karyawan untuk mementingkan memenuhi tenggat waktu ketimbang melebihi target kerja.

Selain itu, sikap ambisius yang berlebihan hanya membuat Anda dinilai cari muka oleh para rekan kerja lainnya.

Baca: Anda Bersiap Wawancara Pekerjaan? Ingat Bahasa Tubuh Ini Pantang Dilakukan, Nekat Lamaran Ditolak!

Ya, Anda mungkin tidak perlu menghiraukan omongan dan desas-desus yang menjelek-jelekkan Anda.

Namun, Anda perlu tahu bahwa kemampuan karyawan dalam bersosialisasi juga menjadi tolak ukur perusahaan dalam memberikan promosi jabatan.

“Perusahaan ingin karyawan menyelesaikan kerja sesuai tenggat waktu. Simpan tenaga dan pikiran Anda untuk menyelesaikan pekerjaan atau tantangan baru lainnya dari kantor,” tulis kesimpulan studi. (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved