TribunBatam/

8.000 Warga Tanjungpinang Belum Rekam KTP Elektronik, Ini Kata Ketua KPUD

KPU Kota Tanjungpinang meminta Pemko Tanjungpinang lebih gencar mensosialisasikan perekaman KTP-el.

8.000 Warga Tanjungpinang Belum Rekam KTP Elektronik, Ini Kata Ketua KPUD
KTP. Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang meminta Pemerintah Kota Tanjungpinang lebih gencar mensosialisasikan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Itu dilakukan dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Walikota (Pilwako) Tanjungpinang 2018.

"Pemko harus sosialisasikan perekaman KTP. Camat dan lurah harus lebih agresif memberikan imbauan dan mengajak seluruh warganya rekam e-KTP. Suapaya terdaftar di data kependudukan dan bisa masuk DPT," kata Ketua KPU Kota Tanjungpinang R. Patria, Kamis (9/3/2017).

Menurutnya diwaktu yang tersisa ini, Pemko harus memanfaatkan sebaik mungkin untuk sosialisasi perekaman.

Karena, sampai saat ini, dari hasil koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, masih ada sekitar delapan ribu warga Kota Tanjungpinang yang belum melakukan perekaman.

Sehingga nantinya saat jelang Pemilu, mudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Untuk jadwal tahapan pemilu kita masih tunggu jadwal dari pusat. Sampai saat ini jadwal pilkada serentak putaran ketiga belum ada. Nanti untuk tahapan Pemilu ini ada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)-nya," katanya.

Namun dia memperkirakan September 2017 ini tahapan Pilwako Kota Tanjungpinang sudah dimulai dengan pendataan atau verifikasi data pemilih.

Namun sebelumnya sekitar bulan Agustus KPU Kota Tanjungpinang akan melakukan rekrutmen tenaga Adhoc.

"Data pemilih ini nanti awalnya diserahkan dari Kemendagri ke KPU Pusat. Selanjutnya data itu diserahkan ke KPU Provinsi Kepri dan selanjutnya baru ke KPU kabupaten/kota. Data kependudukan itulah yang akan kita lakukan verifikasi," katanya.

Menurut Patria, Pilwako Kota Tanjungpinang ini akan menjadi seksi. Pasalnya di Provinsi Kepri, hanya Kota Tanjungpinang saja yang menyelenggarakan Pilkada. Sehingga masyarakat akan memberikan sorotan lebih terhadap Pilwako Tanjungpinang 2018. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help