Kelurahan di Batam Dapat Dana Infrastruktur Rp 1 Miliar, Tahun DepanAkan Dinaikkan

Dulu, sistem musrenbang ini seperti acara kontes di televisi. Kegiatan yang paling banyak di-SMS, itu yang dilaksanakan pembangunannya.

Kelurahan di Batam Dapat Dana Infrastruktur Rp 1 Miliar, Tahun DepanAkan Dinaikkan
Tribun Batam/Zabur
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad saat meninjau lokasi banjir di Kampung Bungaran Batuaji 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Tahun ini tiap kelurahan di Kota Batam menerima Rp1 miliar untuk pembangunan infrastruktur.

Pemo Batam akan menganggarkan Rp 1,2 miliar dana untuk anggaran bertajuk Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PIK) itu pada tahun depan.

"Tahun depan kita naikkan PIK menjadi Rp1,2 miliar. Dana itu bisa digunakan untuk membangun jalan lingkungan, balai pertemuan dan sebagainya," kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Belakangpadang, Kamis (9/3/2017).

Amsakar mengatakan, bila satu kelurahan membutuhkan tidak sampai Rp1 miliar, maka dana tersebut bisa dialihkan ke kelurahan lain di kecamatan yang sama.

Dia mencontohkan Kelurahan Sukajadi yang sebagian besar infrastrukturnya sudah bagus, maka dana PIK bisa dialihkan ke kelurahan lain.

Pengalihannya bisa dipilih berdasarkan skala prioritas yang ditentukan bersama kecamatan.

Syaratnya pengajuan kegiatan PIK harus sudah masuk dalam Musrenbang tingkat kelurahan.

"Jangan seperti jaman jahiliyah dulu. Kalau masih punya usulan, mohon maaf. Untuk sementara yang sudah ada di dokumen ini dulu dilaksanakan. Karena rencana pembangunan kita harus terukur. Tidak mungkin muncul di tengah-tengah. Kecuali pokok pikiran DPRD, tapi itu juga dipertemukan di Forum OPD," ujar dia.

Amsakar mengatakan, model musrenbang saat ini tidak sama seperti sebelumnya.

Dulu, sistem musrenbang ini seperti acara kontes di televisi.

Halaman
12
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help