TribunBatam/

Seluruh Perempuan Dayak Gelar Tradisi Mandi Abalisi di Sungai. Ini Maknanya

Kali ini bukan rutinitas mandi pagi seperti biasanya. Pagi ini, seluruh perempuan Dayak Agabag melaksanakan mandi Abalisi

Seluruh Perempuan Dayak Gelar Tradisi Mandi Abalisi di Sungai. Ini Maknanya
KOMPAS.com/Sukoco
Perempuan Dayak Agabag di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, melakukan tradisi Mandi Abalisi. Mandi Abalisi merupakan tradisi dari nenek moyang mereka untuk membersihkan diri agar terhindar dari marabahaya setelah salah satu perempuan dari suku mereka meninggal ketika melahirkan. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, NUNUKAN - Sabtu pagi, hampir seluruh perempuan Dayak Agabag di Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara menuju ke sungai untuk mandi.

Kali ini bukan rutinitas mandi pagi seperti biasanya. Pagi ini, seluruh perempuan Dayak Agabag melaksanakan mandi Abalisi.

Sekjen Pemuda Penjaga Perbatasan Muriono mengatakan, mandi Abalisi merupakan tradisi dari nenak moyang mereka untuk membersihkan diri agar terhindar dari marabahaya.

“Abalisi itu bahasa Dayak Agabag yang artinya terhindar dari marabahaya. Ini tradisi bagi seluruh perempuan Dayak Agabag untuk mandi membersihkan diri di sungai dengan tujuan agar terhindar dari sial,” ujarnya, Sabtu (11/3/2017).

Untuk menandai tradisi mandi Abalisi, seluruh perempuan Dayak Agabag akan menyunggi daun talas di atas kepala mereka ketika menuju sungai. Ini merupakan salah satu syarat untuk melaksanakan mandi Abalisi.

Mandi Abalisi merupakan tradisi perempuan Dayak Agabag untuk menghormati perempuan yang meninggal karena melahirkan.

“Kemarin ada salah satu warga kami yang meninggal saat melahirkan. Makanya perempuan Dayak Agabag pagi ini melaksanakan tradisi mandi Abalisi,” imbuh Muriono.

Maksud dari Mandi Abalisi, lanjut Muriono, juga merupakan kesadaran dari perempuan Dayak Agabag agar terhindar dari kematian saat melahirkan. Dengan ritual mandi Abalisi, perempuan Dayak Agabag berharap tidak ada lagi seorang ibu yang harus kehilangan nyawa saat melahirkan.

”Artinya kesadaran perempuan Dayak Agabag sangat tinggi untuk ibu yang melahirkan terhindar dari kematian,” ucap Muriono.

Kematian ibu melahirkan

Halaman
12
Editor: nandarson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help