TribunBatam/

Mustika Rasa

Pedas Manis Rujak Cingur Bude Ari. Simak Resepnya Berikut Ini

Rujak Cingur sudah tersohor sebagai satu di antara makanan khas dari Jawa Timur. Namun, belakangan makin diminati banyak kalangan. Tertarik mencoba?

Pedas Manis Rujak Cingur Bude Ari. Simak Resepnya Berikut Ini
TRIBUNBATAM

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Bicara soal makanan tradisional, Rujak Cingur dan Ayam Bumbu Rujak patut dimasukkan ke dalam daftar menu akanan yang layak dicoba.

Rujak Cingur sudah tersohor sebagai satu di antara makanan khas dari Jawa Timur.

Menu ini pun menjadi satu di antara menu best seller dari Bude Ari, pemilik stand Aneka Rujak Rujak di Food Point Nagoya Hill, Batam beberapa waktu lalu.

Disebut Rujak Cingur karena memang menggunakan cingur, bahasa Jawa yang berarti moncong sapi.

"Cingur itu makanan khas dari Surabaya. Cingur itu artinya moncong sapi yang sudah direbus dan dibakar. Cita rasa cingur sangat kuat walaupun sudah dicampurkan dengan kuah rujak dan bahan rujak lainnya,"kata Bude Ari selaku pemilik Aneka.

Campuran rujak cingur biasanya berupa sayuran, seperti kangkung, timun, tauge, kacang panjang, dan bengkoang.

Tambahan lainnya adalah lontong daun. Yang wajib harus ada tentu saja cingurnya.

Bude Ari menceritakan, dirinya membuka stand Aneka Rujak karena memang suka dengan rujak. Awalnya dia memulai bisnis rujaknya dengan jualan ayam bumbu rujak secara online.

Ayam bumbu rujak yang dijualnya menggunakan bumbu rujak dari resep orangtuanya. Ayam tersebut menggunakan bumbu kuning yang berasal  dari bumbu rujak, kemudian disiram di atas ayam yang sudah di bakar terlebih dahulu.

Selain rujak cingur, dan ayam bumbu rujak. Ada lagi rujak lainnya yang disediakan Bude Ari seperti rujak buah, rujak pasrah, rujak bebeg, gado-gado, hingga pecal.

Halaman
1234
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help