Mellennial

Unik dan Modis Berbalut Kain Jumputan

Kain jumputan memang tak pernah lekang dimakan zaman. Makin hari, kain ini makin elok dipakai sebagai busana yang cantik dan menarik.

Unik dan Modis Berbalut Kain Jumputan
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kain jumputan memang tak pernah lekang dimakan zaman. Makin hari, kain ini makin elok dipakai sebagai busana yang cantik dan menarik.

Kain jumputan atau kain pelangi adalah satu di antara kain tradisional Indonesia asal Palembang yang termasuk dalam hasil karya kerajinan tenun yang dihasilkan dengan teknik jumputan (tie and dye atau ikat dan celup).

Teknik ini digunakan untuk menghasilkan motif tertentu dari dari bahan berwarna putih polos.

Pada perkembangannya, digunakan metode stretch and dye yakni teknik pembuatan kain jumputan dengan membuat jelujur benang pada bidang kain dengan mengikat pola yang telah ditentukan.

Berbagai mode fashion menggunakan kain jumputan memang selalu berkembang sesuai dengan trend fashion-nya. Bahkan beberapa desainer sering menggunakan kain jumputan sebagai bagian penting dari hasil rancangan busananya.

Satu di antara desainer kondang Sonny Muchlison dari Jakarta. Pecinta hasil karya tradisional Indonesia ini mempertunjukkan hasil rancangannya pada fashion show yang digelar di Gedung Sumatera Convention Centre (SCC), Batam Centre, Minggu (12/3/2017).

Dia mempertontonkan 12 busana hasil karyanya pada acara international fashion dengan tema menggunakan kain jumputan.

Dengan perkembangan zaman, kain jumputan tidak hanya untuk acara formal, tetapi juga semi formal bahkan kasual.

Kain jumputan umumnya menggunakan bahan sutera, dan memiliki berbagai macam motif, antara lain motif bintik tujuh, kembang janur, bintik lima, bintik sembilan, cuncung (terong), bintang lima, dan bintik-bintik.

"Jumput yaitu teknik tie and dye. Teknik membuat motif dengan cara diikat dan dicelup. Tiap daerah mempunyai nama yang berbeda-beda,”kata Sonny.

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help