TribunBatam/

Menghadapi Fenomena Equinox di Indonesia, Tak Perlu Resah. Perhatikan Hal-hal Ini!

Banyak kabar yang mengatakan bahwa wilayah Indonesia akan mengalami fenomena peningkatan suhu hingga 40 derajat Celsius.

Menghadapi Fenomena Equinox di Indonesia, Tak Perlu Resah. Perhatikan Hal-hal Ini!
Nakita
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Belakangan ini Ibu mungkin mendengar atau mendapatkan pesan berantai di Whatsapp atau media sosial yang lain mengenai fenomena equinox. 

Banyak kabar yang mengatakan bahwa wilayah Indonesia akan mengalami fenomena peningkatan suhu hingga 40 derajat Celsius.

Sebagai akibatnya, peningkatan suhu ekstrem ini akan mengancam kesehatan seperti menyebabkan pingsan atau mengalami kerusakan organ dalam.

Ngeri? Ibu sebaiknya jangan buru-buru memercayai kondisi ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menanggapi beredarnya kabar tersebut.

Dalam situs resminya, BMKG menjelaskan peningkatan suhu hingga 40 derajat Celsius tidak terjadi di Indonesia sebab rata-rata suhu maksimal hanya mencapai 32 hingga 36 derajat Celsius.

Equinox sendiri merupakan salah satu fenomena astronomi yaitu peristiwa matahari melintasi garis khatulistiwa yang terjadi dua kali pada 21 Maret dan 23 September dalam setahun.

Peristiwa ini juga tidak selalu menyebabkan peningkatan suhu udara secara drastis.

BMKG sendiri mengimbau para orangtua untuk tidak mengkhawtirkan dampak dari equinox seperti isu yang sedang berkembang.

Menurut BMKG, Equinox bukanlah fenomena Heat Wave seperti yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah ketika peningkatan suhu terjadi secara signifikan, bahkan ekstrem dan berlangsung lama.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help