Kenalkan Tugas Tiap Satuan, Polri Beraksi Bak Model di Atas Catwalk

Bak model yang tengah fashion show, anggota Polri dari berbagai kesatuan menunjukkan dirinya di depan ribuan siswa SMA/SMK sederajat, Kamis(16/3/2017)

Kenalkan Tugas Tiap Satuan, Polri Beraksi Bak Model di Atas Catwalk
TRIBUNBATAM/ANNE MARIA
Para Polisi dari berbagai satuan beraksi di depan siswa SMA/SMK sederajat di Temenggung Abdul Jamal, Kamis (16/3/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Bak model yang tengah fashion show, anggota Polri yang terdiri dari berbagai kesatuan menunjukkan dirinya di depan ribuan siswa SMA/SMK sederajat di Temenggung Abdul Jamal, Kamis (16/3/2017) pagi.

Sambil berjalan satu persatu, MC pun memperkenalkan seragam ‎serta tugas-tugas polisi dari masing-masing kesatuannya.

Satu persatu petugas polisi dari satuan shabara, provost, babinkamtibnas, satlantas, satintelkam, brimob, polisi anti teror, anti anarki, melenggang di depan siswa-siswi tersebut. Para siswa pun ramai mensiuli polisi tersebut, sekaligus bertepuk tangan.

"Ini polwan berpakaian PDH dengan hijab. Jadi jangan takut‎ kalau sekarang pakai hijab, nanti kalau sudah jadi anggota Polri pun masih bisa dipakai hijabnya. Nah, ini brimob kita, pakaiannya hijau, seperti loreng. Jadi loreng bukan cuma tentara saja," tutur MC.

Pagi itu, memang pihak Polresta Barelang tengah melakukan soslisasi penerimaan anggota Polri terpadu T.A 2017 Polresta Barelang kepada 1.743 anak dari SMA/SMK sederajat di Kota Batam.

Sekaligus‎ sosialisasi‎ peraturan pemerintah nomor 60 tahun‎ 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis penerimaan negara bukan pajak (pnbp) yang berlaku pada kepolisian negara republik indonesia.

"Kita ingin sampaikan juga kepada para siswa bahwa ternyata tugas dan fungsi polisi itu banyak. Bukan cuma satlantas, shabara, atau reserse. Tapi ada juga pasukan antieror, antigerilya, dan lainnya," kata Kapolresta Barelang Kombes Pol Helmy Santika.

Helmy menyebutkan pihaknya sengaja mengemas sosialisasi dengan pertunjukan aksi serta simulasi tugas keseharian polisi. Harapannya agar generasi muda atau anak-anak sekolah yang ingin bergabung atau berbakti di Polri bisa termotivasi.

"Sosialisasi inipun serentak dilakukan di Indonesia dalam rangka penerimaan anggota Polri baik Tamtama, bintara dan Perwira. Tahun ini khusus untuk Polda Kepri kuota penerimaannya sebanyak 220 orang," ucapnya.

Ia pun menyatakan proses rekrutmen sudah mulai dilaksanakan hari ini. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs ssdm polri, ataupun langsung di Polresta Barelang. Helmy pun menegaskan bahwa proses rekrutmen ini gratis dan tidak dipungut biaya.

"‎Jadi kalau ada yang mengaku-ngaku bisa mengurus atau memastikan masuk itu tidak benar. Jangan percaya. Nanti di dalam sosialisai juga akan kita sampaikan syarat-syarat pendaftarannya. Pastinya anak kelas 3 SMA, atau yang sudah lulus," katanya. (*)

Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help