Pembangunan Telan Anggaran Rp 2 Miliar, Peresmian Klenteng Pai Yi Thang Karimun

Pembangunan Klenteng Pai Yi Thang di Karimun menelan anggaran Rp 2 miliar. Peresmian dimeriahkan acara ini

Pembangunan Telan Anggaran Rp 2 Miliar, Peresmian Klenteng Pai Yi Thang Karimun
tribunbatam/rachta yahya
Tamu undangan terlihat menikmati kuliner yang disajikan pengurus saat penutupan rangkaian acara peresmian Klenteng Pai Yi Thang, Meral, Sabtu (19/3/2017) malam 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN-Rangkaian acara peresmian Klenteng Pai Yi Thang di RT 2 RW 2, Kelurahan Sungai Pasir, Kecamatan Meral ditutup Sabtu (19/3/2017) malam.

Acara penutupan berlansung cukup meriah berupa karaoke bersama dengan dipandu empat biduan Mandarin dari Batam dan Tanjungpinang terdiri dari dua laki-laki dan dua wanita.

Mereka bernyanyi menemani para tamu undangan makan malam bersama di halaman dalam klenteng. Sesekali para undangan menyawer mereka dengan anpao.

Pengurus Klenteng Pai Yi Thang, Kasmir alias Guan Hong mengatakan acara peresmian dilangsungkan pada 13 Maret lalu. Sejumlah acara dibuat antara lain pertunjukan Barongsai, pawai dari klenteng hingga Baran I, karaoke, sembahyang selama tiga hari dan lelang makanan.

Guan Hong menjelaskan Klenteng Pai Yi Thang dibangun atas tanah seluas 12 x 120 meter, dibangun selama kurang lebih dua tahun dan menelan anggaran sekitar Rp 2 miliar yang berasal dari sumbangan warga dari Jakarta, Batam, Tanjungpinang dan dalam daerah sendiri.

"Sekitar Rp 2 miliar, lebih kurang dua tahun," kata Guan Hong, Sabtu malam.

Guan Hong juga menyebutkan Klenteng Pai Yi Thang tidak terbatas pada suatu marga keturunan Tionghoa melainkan bebas, siapa dan dari marga manapun boleh beribadah di dalamnya.

Meski hujan mewarnai acara penutupan, hal itu tidak membuat warga dan tamu undangan beranjak dari tempat duduk mereka. Sebaliknya mereka senang karena hujan dalam kepercayaan warga keturunan Tionghoa adalah Ong atau berkah. (*)

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help