Terungkap! Inilah Pemicu Kelangkaan Premium di Sejumlah SPBU di Batam!

Terungkap! Inilah pemicu kelangkaan premium di sejumlah SPBU di Batam. Ini penjelasan Pertamina

Terungkap! Inilah Pemicu Kelangkaan Premium di Sejumlah SPBU di Batam!
tribunbatam/ian pertanian
Suasana SPBU di Batam 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, BATAM-Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM), jenis Premium yang terjadi beberapa minggu belakangan bukanlah adanya pengurangan kuota dari pihak Pertamina Sumatera I, Bagian Barat.,

Namun hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat yang beralih ke Premium, yang sebelumnya sudah menggunakan Pertalite.

"Kalau untuk kuota premium dari pertamina, untuk 36 Stasiun Pengisian Bahan Umum (SPBU) yang ada di Kota Batam, masih tetap seperti tahun 2016 yang lalu, sebesar 450 kilo liter perbulan,"kata Fitri Erika.

Dia menuturkan kelangkaan premiun yang terjadi di Kota Batam, beberapa minggu belakangan bukanlah dikarenakan adanya pengurangan dari pertamina, tetapi cara konsumsi masyarakat yang banyak beralih dari pertalit ke Premiun.

"Untuk beberapa minggu belakangan, setelah adanya laporan dari masyarakat bahwa terjadi kelangkaan premiun di beberapa SPBU di Kota Batam, kita langsung melakukan survei, dan penghitungan data, ternyata penyebabnya pengguna pertalit berkurang dalam minggu tersebut,"kata Fitri.

Fitri mengungkapkan Pertamina, tidak ada rencana melakukan pengurangan BBM jenis premiun untuk kota Batam."Sampai sejauh ini baik dari pemerintah pusat, tidak ada rencana akan melakukan pengurangan Premiun di Kota Batam,''terang Fitri lagi.

Dia juga menegaskan untuk stok pertamina, jenis premiun sangat banyak."Stok kita banyak, jadi kita melayani sesuai dengan permintaan dari SPBU di Kota Batam,"kata Fitri.

Dia juga menuturkan beberapa minggu belakangan saat terjadi kelangkaan premiun di kota Batam, tidak ada satupun SPBU di Kota Batam yang mengurangi pembelian terhadap BBM jenis Premiun."Hanya saja, mungkin karena masyarakat banyak yang beli Premiun jadi cepat habis, saat pembelian kembali, mungkin lambat dijalan,"kata Fitri.

Sementara beberapa minggu belakangan kelangkaan Premiun terjadi di beberapa SPBU yang ada di Kota Batam, seperti di SPBU Tanjunguncang, SPBU simpang Base camp, SPBU genta tiga, dan SPBU top 100 tembesi.

Kelangkaan premiun itu sempat membuat pemandangan antrian panjang dibeberapa SPBU yang ada di Kota Batam, kalangkaan itu juga membuat para pemilik kendaraan harus beralih ke BBM non subsidi jenis pertalit yang harganya lebih mahal dari Premium.(*)

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help