Sebaiknya Anda Tahu

Memiliki Atasan Dengan 5 Ciri Berikut Ini? Bergembiralah dan Pertahankan!

Jika Anda memiliki atasan dengan 5 ciri berikut ini. Sebaiknya bergembira dan pertahankan. Inilah alasannya!

Memiliki Atasan Dengan 5 Ciri Berikut Ini? Bergembiralah dan Pertahankan!
Intisarionline
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Banyak orang yang memilih untuk berhenti bekerja atau pindah kerja gara-gara hubungan yang tidak baik dengan bos alias atasannya.

Wajar jika karyawan mengharapkan atasan yang baik dan bisa memimpin dengan bijak. Lalu, seperti apa sebenarnya ciri-ciri atasan yang baik? Psychologytoday.com merumuskan lima ciri ini. Kalau kita menemukan atasan yang seperti ini, jangan ragu untuk setia di perusahaan itu!

1. Perhatian terhadap kebutuhan karyawan

Bos yang hebat mengenal cara untuk memotivasi anak buahnya. Ia peduli terhadap kebutuhan apa yang diperlukan karyawan agar kinerjanya semakin maksimal.

Ia berusaha untuk mengerti dan menjaga hubungan baik secara personal dengan angota timnya. Bahkan ia mendukung setiap perkembangan kita dan tahu kapan waktu terbaik untuk mendapatkan promosi.

2. Mengerjakan misi sesuai visi perusahaan

Bos yang baik percaya bahwa visi-misi dan nilai perusahaan merupakan tujuan yang harus dikejar. Keyakinan itu yang ditransfer kepada anggotanya. Sehingga setiap orang yang dipimpinnya juga merujuk pada visi dan misi yang sama juga.

3. Peduli terhadap pengembangan diri karyawan

Pemimpin yang baik mengkader kepemimpinannya pada orang-orang yang dipimpinnya. Jika atasan kita memberi waktunya untuk memperhatikan pengembangan keterampilan dan perkembangan karier kita, maka dia adalah bos yang baik!

4. Memberi tantangan demi kebaikan

Kalau atasan sering memberikan tantangan pada kita, jangan anggap hal tersebut sebagai beban. Atasan yang baik akan mendorong anak buahnya untuk menghadapi tantangan untuk menjadikan orang itu lebih baik lagi.

5. Berkomunikasi dengan terbuka dan apa adanya

Mengapa banyak karyawan yang tidak nyaman dengan atasannya? Ya karena komunikasi yang terbangun cenderung terbatas. Padahal keterbukaan dan kejujuran juga perlu dalam hubungan kerja.

Jika atasan Anda terbuka membagikan kondisi perusahaan, permasalahan yang sedang terjadi, mengajak diskusi untuk mencari solusi, dia adalah pemimpin yang baik. (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help