TribunBatam/

Pusat Soroti Potensi Kelautan Anambas, Bupati Ngaku Ditelepon Dirjen Kementerian. Ini Isinya!

Pemerintah pusat memperhatikan potensi kelautan dan perikanan Anambas. Dirjen Kementerian KKP bahkan menelepon langsung Bupati Anambas. Ini isinya!

Pusat Soroti Potensi Kelautan Anambas, Bupati Ngaku Ditelepon Dirjen Kementerian. Ini Isinya!
Tribunnews Batam/Septyan Mulia Rohman
Suasana pelabuhan Anambas 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - ‎Potensi kelautan dan perikanan di Anambas kembali jadi sorotan Pemerintah Pusat. Melalui Direktur Jenderal di Kementrian Kelautan Perikanan (KKP) Republik Indonesia,

pihaknya menghubungi Bupati Anambas untuk melaporkan hasil survei yang mereka lakukan pada tahun 2016 kemarin. Rencana pembangunan loka pun, menjadi hal yang coba direalisasikan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

"‎Belum lama ini saya ditelpon. Hasil survei yang mereka lakukan pada tahun 2016 kemarin, menyebutkan terdapat sekitar 106 titik terumbu karang dan dua juta Hektare lebih untuk taman wisata. Ini merupakan potensi yang luar biasa," ujar Abdul Haris Selasa (21/3/2017).

‎Pembangunan loka untuk konservasi laut, diakuinya menjadi poin penting untuk melakukan pengawasan dan menjaga konservasi laut. Pemilihan lokasi pun, diakuinya telah dilakukan untuk pembangunan loka konservasi. Keindahan terumbu karang pun, diakuinya menjadi peluang untuk memajukan pariwisata di Anambas.

"Ada beberapa lokasi yang sempat ditawarkan. Salahsatunya lokasi tanah di atas laut. Hanya saja mereka meminta agar dibangun di darat. Potensi ini sudah ada. Tinggal bagaimana dari daerah untuk menggoyang itu," ungkapnya.

Saat ini, Anambas memiliki Satker taman Wisata Perairan ‎(TWP) yang kewenangannya di bawah Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Roni Kasatker Taman Wisata Perairan (TWP) Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, ‎dari identifikasi yang bekerjasama dengan beberapa pihak di tahun 2012,

diketahui terdapat 339 jenis spesies karang di Anambas dari total 600 an yang ada di dunia. Spesies yang ada di Anambas ini, umumnya merupakan hard coral. Beberapa spesies karang yang ada, bahkan bisa bertransplantasi dengan bertelur yang terbawa arus dan menempel pada malam hari pada beton-beton pelabuhan. (*)

Baca Berita Terkait di Harian Tribun Batam Edisi Rabu (22/3/2017)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help