Sebaiknya Anda Tahu

Urine Anda Berbau Aneh? Waspadalah Kemungkinan Akibat 5 Masalah Ini. Nomor 5 Bikin Deg-degan!

Urin Anda berbau aneh? Waspadalah kemungkinan akibat 5 masalah ini. Nomor 5 Benar-benar bikin deg-degan!

Urine Anda Berbau Aneh? Waspadalah Kemungkinan Akibat 5 Masalah Ini. Nomor 5 Bikin Deg-degan!
Intisarionline
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Urine memang bisa menggambarkan kondisi kesehatan seseorang. Misalnya melalui warna air seni kita bisa mengindikasikan level hidrasi dan pola maka seseorang.

Tidak hanya itu, aroma dari urine juga bisa menggambarkan sesuatu mengenai kondisi kesehatan seseorang. “Urine yang normal biasanya tidak terlalu berbau,” kata Ojas Shah, M.D, urolog dan profesor urologi dari Columbia University Medical Center.

Nah, karena itu ketika aroma urine kita memiliki aroma tidak seperti biasanya, bisa jadi hal tersebut sinyal dari tubuh. Huffingtonpost.com, merangkum 7 penyebab aroma air seni yang aneh dan berbeda dari biasanya.

1. Dehidrasi

Jika seseorang tidak minum air yang cukup, urine akan berbau amonia yang tajam. Warnanya pun biasanya lebih gelap. Hal itu terjadi karena tubuh kekurangan H2O, sehingga air seni juga lebih kental. Aroma tajam disebabkan oleh hal tersebut, istilahnya air pembuangan itu menjadi lebih mengendap karena kurang air.

2. Infeksi saluran kemih atau infeksi kandung kemih

Kedua infeksi ini biasanya membuat aroma kencing berbau tidak enak dan menyengat. Sehingga jika aroma urine seperti itu, perlu diperiksa kondisi kandung kemih. Apalagi jika baunya sudah seperti berbau busuk, segeralah ke dokter.

Baca: Terungkap! Inilah Usia Wanita Rawan Godaan Selingkuh di Berbagai Negara!

3.Terlalu banyak makan bawang putih dan bawang merah

Tidak hanya membuat napas jadi bau bawang, kedua bawang ini juga bisa membuat urine berbau. Kalau aroma bawang juga melekat pada mulut kita, maka tidak heran kalau aroma khas itu juga melekat hingga urine.

4. Kebanyakan minum kopi

Ternyata minum kopi terlalu banyak bisa membuat pipis seseorang berbau. Kemungkinan besar sih, aromanya mirip aroma kopi. Jangan khawatir, itu kondisi yang normal.

5. Isi usus bocor ke dalam kandung kemih

Pasaoperasi, cedera, infeksi, atau peradangan, sebuah fistula dapat terjadi dalam dua bagian tubuh. Fistula adalah sebuah koneksi tidak normal yang timbul akibat hal-hal itu tadi. Dan kemungkinan besar juga dapat terjadi pada kandung kemih dan usus.

Isi usus dan isi kandung kemih yang tercampur bisa membuat urin berbau busuk. Bisa dikatakan, feses dan urin bercampur. Bisa terjadi pada orang yang memiriki radang usus, infeksi saluran cerna, dan juga penderita kanker. (Intisarionline)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved