Kunjungan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi Tiba di Waduk Sungai Gong, Ini yang Dilakukannya

Presiden Joko Widodo beserta ibu negara Iriana Joko Widodo akhirnya tiba di Waduk Sungai Gong yang berlokasi di Pulau Galang, Kamis (23/3/2017).

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Presiden Joko Widodo beserta ibu negara Iriana Joko Widodo akhirnya tiba di Waduk Sungai Gong yang berlokasi di Pulau Galang, Batam Kamis (23/3/2017).

Setiba di waduk, Jokowi yang didampingi Gubernur Kepri, Nurdin Basirun langsung mendapatkan penjelasan tahapan pembangunan waduk tersebut. 

Dengan seksama Jokowi memperhatikan penjelasan terkait pembangunan waduk yang dimulai sejak 2015 tersebut.

Waduk Sei Gong, Kecamatan Galang, Batam sendiri dibangun untuk memenuhi suplai air baku di kota Batam.

Baca: WOW. Kapasitas 8 Waduk di Batam Hanya 280 Liter per Detik, Sungai Gong Bisa Sebesar Ini

Batam membutuhkan air baku sebanyak 3.250 liter perdetik. Namun dari delapan bendungan yang ada di Batam hanya bisa mengeluarkan 280 liter per detik.

‎"Nantinya setelah jadi, air ini juga akan dibawa ke Batam dengan menggunakan pipa. Pembangunan ini dimulai semenjak 2015 lalu dan akan selesai pada tahun 2018 nanti," kata Menteri PU-PR‎ Basuki Hadi Muljono.

Untuk pembangunan fisik memang selesai pada tahun 2018, tetapi masyarakat bisa menggunakan air dari waduk Sei Gong tahun 2019 mendatang.

"Untuk di sini, diperkirakan bisa mengeluarkan 400 liter perdetik. Sementara untuk tampungan air bisa menampung sebanyak 11 juta kubik," sambungnya.

Baca: Waduk Sungai Gong Bakal Beroperasi 2019, Ini Kemampuan Pasokan Airnya

Sebelum membangun waduk, petugas juga sudah melakukan survei ketika air terjadi musim kemarau. Selain itu, survei juga memperkirakan curah hujan yang bisa tertampung.

"Jadi kita sudah memperkirakan itu semua sebelum dilakukan pembangunan waduk ini," terangnya. (*)

Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved