Begini Cara Sederhana Buat Telur Mata Sapi Agar Lebih Menarik

Nah, ingin memasak telur mata sapi yang cantik dan tentunya menimbulkan nafsu makan ? Berikut tips sederhananya

Begini Cara Sederhana Buat Telur Mata Sapi Agar Lebih Menarik
Ilustrasi

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Hidangan telur mata sapi atau yang juga dikenal dengan sebutan telur ceplok mungkin sudah tak asing lagi terdengar di telinga anda.

Sayangnya, terkadang kita mengalami masalah saat akan memasaknya hingga menyebabkan bentuk telurnya menjadi tidak rapi dan kurang enak dipandang.

.
. ()

Beberapa orang menganggap jika bentuk telur mata sapi yang baik adalah berbentuk lingkaran dengan kuning telur berada di tengah, dalam kondisi tidak pecah dan juga tidak terlalu matang.

Nah, ingin memasak telur mata sapi yang cantik dan tentunya menimbulkan nafsu makan ? Berikut tips sederhananya :

1. Mula-mula, panaskan wajan yang tidak diisi apapun terlebih dahulu. Setelah wajan cukup panas, tambahkan sedikit minyak ke dalamnya beserta sedikit garam dapur.

Banyak orang lebih senang memasukkan minyak dan memasaknya terlebih dahulu, sehingga saat telur dimasukkan, minyak sudah sangat panas dan akan menyebar kemana-mana. Hal ini membuat proses memasak telur bisa menjadi terburu-buru hingga akhirnya hasilnya menjadi kurang rapi.

.
. ()

2. Kemudian masukkan telur ke dalam wajan. Meski kondisi minyak belum panas, kondisi wajan sudah panas, jadi saat memasukkan telur kecilkan api. Hal ini karena di dalam wajan suhunya sudah sangat tinggi. JIka memasukkan telur dalam kondisi ampi besar, maka telur akan cepat gosong.

.
. ()

3. 1 menit kemudian, saat putih telur mengeras, anda bisa menambahkan dua sendok teh air panas ke atas telur, lalu langsung tutup wajan. Mengapa, karena telur akan berasa lebih enak. Kuning telur sudah dalam posisi setengah matang. Selain itu, dua sendok teh air panas akan membuat telur jadi lebih kenyal dan tentunya, lebih enak.

.
. ()

4. Memasak telur cukup 1 hingga dua menit saja. Gunakan Teflon untuk memasak telur agar telur tak menempel di wajan.

.
. ()
Editor: Rio Batubara
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help