Optimistis Tembus Rekor MURI, Pelepasan 5.000 Ekor Tukik di Festival Padang Melang

Pemkab Anambas optimistis pemecahan rekor MURI pelepasan tukik alias anak penyu di Anambas akan berhasil. Ini persiapannya!

Optimistis Tembus Rekor MURI, Pelepasan 5.000 Ekor Tukik di Festival Padang Melang
Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman
Kepala Dinas perikanan, pertanian dan pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Catharina Dwi Retno Erni Winarsih 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Kepala Dinas perikanan, pertanian dan pangan Kabupaten Kepulauan Anambas , Catharina Dwi Retno Erni Winarsih optimis pelepasan lima ribu tukik (anak penyu,red) dapat terlaksana bahkan bisa menembus rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Selain mendapat bantuan dari salahsatu perusahaan yang memiliki base di Palmatak, pengumpulan dan penetasan ribuan ekor tukik yang rencananya akan dilepas di pantai Padang Melang, Pulau Jemaja pada bulan April 2017 sudah dilakukan secara bertahap, sehingga target pelepasan yang dilakukan pada saat festival sekaligus memeriahkan ketika kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Anambas itu pun, bisa terealisasi.

"Dari perusahaan sudah siap membantu sebanyak 1.500 ekor. Musim penetasan pertama, sebelumnya sudah selesai pada bulan Februari kemarin. Jadi, untuk penetasan berikutnya, menunggu empat puluh lima hari lagi kedepan. Mudah-mudahan, target ini bisa tercapai," ujarnya saat ditemui sejumlah awak media Minggu (26/3/2017).

Pihaknya menambahkan, target pelepasan lima ribu ekor tukik merupakan permintaan dari Bupati Anambas untuk memeriahkan festival Padang Melang. Beberapa daerah seperti Maluku Tengah diakuinya sudah masuk rekor MURI dengan melepas tukik sebanyak 3.200 ekor.

"Artinya, kalau lebih dari jumlah yang ada di sana, sudah bisa memecahkan rekor MURI. Namun demikian, akan kami usahakan untuk target pelepasan lima ribu ekor tukik itu," bebernya. Rencana untuk pelepasan tukik di pantai Padang Melang pun, sebelumnya sempat disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Amat Yani. Untuk merealisasikan hal ini, pihaknya bahkan berkoordinasi dengan Jaya Suprana, Pendiri Museum Rekor Indonesia di Jakarta. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help