Ekonomi Batam Terjun Bebas

Sepi Pesanan Kapal, Pengusaha Galangan Kapal di Batam Curhat. Ini Keluh Kesahnya!

Sepi pesanan kapal, pengusaha galangan kapal curhat ke pemerintah. Ini keluh kesahnya!

Sepi Pesanan Kapal, Pengusaha Galangan Kapal di Batam Curhat. Ini Keluh Kesahnya!
Tribun Batam/Argianto
Ilustrasi. Prosesi peluncuran dua kapal patroli Bakamla RI di galangan kapal Tanjunguncang 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Keberadaan industri galangan Kapal di Batam, butuh dukungan dari pemerintah Pusat, Galangan kapal di Batam, siap bersaing di kanca Nasional, bahkan internasional. Inilah kata yang diungkapkan Syamsir Sabara, direktur PT. Yash Indo Prima, kepala subcontraktor pembangunan kapal Mv Iriana.

Di depan menteri Perindustian Airlangga Hartanto, saat launching kapal Mv Iriana, Syamsir, menuturkan pengusahan dan kontraktor yang ada di galangan kapal di batam, siap bersaing. Namun beberapa tahun belakangan keberadaan industri kapal di Batam terlihat mati Suri.

"Kami sebagai subcontarkto galangan kapal di Batam, butuh topangan dari pemerintah pusat, untuk menghidupkan kembali geliat pembangunan kapal di Batam,"katanya.

Syamsir, mengatakan untuk tenaga kerja di Batam, tidak kalah saing dengan tenaga kerja luar."Hasil dari tenaga kerja di Batam, jauh lebih bagus dibanding, tenaga kerja dari luar, hanya saja, ada beberapa bagian yang belum bisa dikuasai oleh tenaga kerja di Batam,"katanya.

Syamsir, yang sudah lama menggeluti pembangunan kapal di galangan kapal yang ada di Kota Batam, mengatakan tanpa ada dukungan dan topangan dari pemerintah pusat, untuk mencariakan order pembuatan kapal dari luar negeri untuk industri galangan di Batam, kondisi galangan kapal di Batam akan mati suri.

"Beberapa tahun belakangan, Kondisi galangan kapal di Batam, banyak yang tidak bisa beroperasi, karena tidak adanya order, bahkan banyak juga galangan kapal yang hampir tutup,"kata Syamsir.

Dihadapan menteri Perindustrian Syamsir mengutarakan harapannya, agar pemerintah pusat memberikan perhatian terhadap industri kapal di Batam.(*)

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help