Beda Usia Ternyata Beda Ekspresi. Kenali Tanda Saat Bayi Anda Sedang Bahagia

Selain tidak rewel, bayi yang bahagia juga menandakan bahwa keadaannya sehat dan tidak memiliki masalah yang perlu Ibu khawatirkan.

Beda Usia Ternyata Beda Ekspresi. Kenali Tanda Saat Bayi Anda Sedang Bahagia
thinkstock
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Siapa yang tak senang melihat bayi dalam keadaan yang senang dan bahagia? Selain tidak rewel, bayi yang bahagia juga menandakan bahwa keadaannya sehat dan tidak memiliki masalah yang perlu Ibu khawatirkan.

Inilah tanda-tandanya jika bayi merasa bahagia:

1. Linda Acredolo, PhD, salah seorang penulis buku Baby Signs mengungkapkan bayi baru lahir dengan tatapan kosong dan seperti mengantuk adalah pertanda ia sedang bahagia. Saat ia menatap wajah Ibu dan tidak menangis juga pertanda ia sedang bahagia.

2. Di usia yang lebih besar yakni dua hingga tiga bulan, bayi akan mengungkapkan rasa bahagianya dengan bahasa tubuh. Saat digendong, bayi yang bahagia akan merasa nyaman dan tak banyak melakukan gerakan. Punggungnya akan rebah dengan sempurna pada bagian lengan orang yang menggendongnya. Artinya ia sedang merasa nyaman dan kebutuhan dasarnya terpenuhi.

3. Bayi di usia 2-3 bulan sudah bisa tersenyum yang menandakan kebahagiaannya. Di awal kehidupan seperti saat baru lahir, senyum yang ditunjukkan oleh bayi merupakan refleks atau hal yang spontan dilakukan tanpa ada interaksi sosial. Saat itu, ia belum paham dan belum mampu mengekspresikan kebahagiaan dengan tersenyum. “Pada usia bayi yang lebih besar, tersenyum merupakan reaksi yang menandakan ia bahagia,” tambah Linda.

4. Saat menginjak usia di atas empat bulan, rasa bahagia bayi sudah ditandai dengan suara! Dimulai dengan tertawa yang bersuara, lalu bergumam dengan mengeluarkan suara “aaa” atau “ooo”. Menurut Athena Vouloumanos, seorang ahli perkembangan anak dari The Infant Cognition and Communication Lab di New York University, bayi yang bersuara dengan nada tinggi merupakan tanda bahwa sedang bahagia dan ingin berinteraksi dengan Ibu.

Wah, ternyata ada banyak tanda yang mungkin tak disadari bahwa bayi Ibu sedang bahagia. Tanda bahagia ini pentig dikenali sebagai petunjuk bahwa kebutuhan bayi sudah terpenuhi. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help