Kualifikasi Piala Dunia 2018

Menang 4-1 atas Azerbaijan, Hasil Terbaik Jerman di Kualifikasi Piala Dunia

Hasil lima kemenangan beruntun itu merupakan yang terbaik dalam kiprah Jerman di babak kualifikasi kompetisi antarnegara tersebut

Menang 4-1 atas Azerbaijan, Hasil Terbaik Jerman di Kualifikasi Piala Dunia
KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP
Dua pemain Jerman, Andre Schuerrle (kiri) dan Thomas Mueller, merayakan gol pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Baku, Minggu (26/3/2017). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BERLIN - Kemenangan 4-1 atas Azerbaijan mengkukuhkan posisi Jerman di posisi teratas di klasemen Grup C kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan angka 15 hasil selalu menang di lima laga.

Hasil lima kemenangan beruntun itu merupakan yang terbaik dalam kiprah Jerman di babak kualifikasi kompetisi antarnegara tersebut.

Jerman menang masing-masing atas Norwegia (3-0), Republik Ceko (3-0),Irlandia Utara (2-0), San Marino (8-0), sebelum mengalahkan Azerbaijan.

Jika membandingkan pencapaian di empat babak kualifikasi Piala Dunia sebelumnya, Der Panzer - julukan timnas Jerman - tidak pernah mencatat rekor 100 persen pada lima laga perdana.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2014, 2010, dan 2002, Jerman menyelesaikan lima pertandingan dengan empat kemenangan dan satu hasil seri, alias mendulang 13 poin. Contohnya saja pada kualifikasi Piala Dunia 2014.

Saat itu, pasukan Joachim Loew menang melawan Kepulauan Faroe, Austria, Republik Irlandia, dan Kazakhstan. Namun, mereka ditahan seri 4-4 oleh Swedia.

Mesut Oezil dkk gagal mempertahankan keunggulan 4-0 pada babak pertama dan kebobolan empat gol oleh Swedia pada babak kedua.

Sementara itu, pada babak kualifikasi Piala Dunia 1998, Jerman justru dua kali ditahan seri, yaitu 1-1 kontra Irlandia Utara dan 0-0 oleh Portugal.

Selain selalu menang, periode lima laga awal Jerman pada babak kualifikasi Rusia 2018 juga menjadi periode terproduktif mereka.

Juara dunia empat kali tersebut mencetak 20 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2014, Jerman kebobolan enam gol di lima laga dan mencetak 18 gol. Catatan terburuk mereka terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 2002.

Kala itu, Jerman kebobolan lima gol dari lima laga, meski sanggup mengemas 11 gol.

Secara keseluruhan, Jerman sudah mempertahankan rekor tidak terkalahkan mereka di babak kualifikasi Piala Dunia sebanyak 28 laga.

Terakhir kali Jerman takluk adalah saat mereka menyerah 1-5 melawan Inggris, 1 September 2001.

"Secara umum saya puas dengan hasil pertandingan hari ini. Kami sudah cukup lama tidak bermain bersama, tetapi koordinasi pemain sangat baik. Hanya, ada beberapa orang tidak tampil maksimal," kata Loew.(*)

Editor: nandarson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help