Sebaiknya Anda Tahu

Mengejutkan! Perempuan Pintar Bisa Terjebak Penipuan Adegan Seks di Dunia Maya. Ini Modusnya!

Hati-hati! Kini banyak peretas menyasar perempuan. Terungkap inilah alasannya dan modus pelaku. Berikut kesaksian korban peretasan!

Mengejutkan! Perempuan Pintar Bisa Terjebak Penipuan Adegan Seks di Dunia Maya. Ini Modusnya!
Net
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Seorang perempuan muda bernama Zed (samaran) menghadiri rapat di kantornya, ketika sebuah pesan muncul dari seorang temannya lewat Facebook Messenger. Ia menyapa Zed, lalu meminta Zed agar memilih dirinya dalam sebuah kompetisi modeling daring, dan ia sepakat untuk melakukannya.

Tapi kemudian bencana datang. Sahabatnya mengatakan bahwa, alamat email yang Zed cantumkan untuk kompetisi tersebut menyebabkan gangguan dalam sistem. Lalu, temannya minta untuk meminjam log-in email Zed, untuk memperbaikinya agar semuanya kembali berjalan normal dan Zed bisa kembali memilihnya dalam kompetisi online.

Zed merasa tidak yakin, namun temannya memohon dengan berdalih bahwa karirnya dipertaruhkan. Masih dalam suasana rapat, Zed pun menyerah karena tidak bisa menelepon temannya.

Ternyata itu bukan teman Zed, melainkan orang lain yang berpura-bura menjadi sahabatnya dan menggunakan akunnya.

Ini adalah teknik menipu yang dikenal sebagai spear phishing yang merupakan bentuk umum peretasan di mana seorang peretas akan mengirim email ke suatu sasaran yang disertai tautan di dalamnya.

Baca: Heboh! Oknum Jaksa Tepergok Selingkuh dengan Istri Polisi di Rumah Dinas, Ini Penampakannya!

Spear phishing memang kurang lazim, namun jauh lebih berbahaya. Yang menjadi sasaran-sasaran spear phishing adalah kelompok kecil orang-orang atau individu.

Apa itu spear phishing?
"Phishing atau meretas menggunakan psikologi perilaku, untuk mengelabui korban agar mempercayai peretas dengan tujuan memperoleh informasi penting," kata Paul Bischoff dari Comparitech, yang juga berbicara dengan Zed.

Peretas bisa mengumpulkan informasi pribadi tentang target mereka untuk membangun persona yang lebih bisa dipercaya."

Bagaimana kita melindungi diri sendiri?

Halaman
1234
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved