11 Mitos Tentang Asal Mula Tanda Lahir Bayi. Percayakah?

Banyak mitos seputar tanda kelahiran di berbagai belahan dunia. Banyak yang lucu dan tak masuk akal, tapi masih banyak yang meyakininya.

11 Mitos Tentang Asal Mula Tanda Lahir Bayi. Percayakah?
Nakita
Tanda lahir bayi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Banyak mitos seputar tanda kelahiran di berbagai belahan dunia. 

Ini beberapa kepercayaan tradisional yang masih berlaku di beberapa budaya. Banyak yang lucu dan tak masuk akal, tapi masih banyak yang meyakininya. Silakan disimak, mungkin bisa buat selingan sore Ibu. 

Mitos #1 Ada yang bilang jika ibu hamil sering menatap api, bayi yang nanti akan lahir akan mendapatkan tanda lahir seperti luka bakar atau bekas terbakar. Masuk akalkah?

Mitos #2 Pernah tahu tanda lahir yang ditumbuhi bulu? Konon, katanya, tanda itu ada pada bayi karena ibunya sering menatap seekor tikus. Ada-ada saja. 

Mitos #3 Ada lagi! Seorang ibu hamil yang sedang “ngidam” tapi tak pernah kesampaian, nah, anaknya akan menanggung tanda lahir seperti “idaman” sang ibu.

Misalnya, jika Ibu mendambakan untuk makam stroberi, namun tidak bisa memakannya, maka bayi akan lahir dengan tanda lahir merah. Kalau sang ibu ngidam ubi ungu, tanda lahir anaknya akan berwarna ungu. Hm, kalau sang ibu ngidam stroberi, ubi ungu, dan nangka, seperti apa ya tanda lahir sang anak?

Mitos #4 Ada pula mitos tanda lahir yang diartikan melalui letak di bagian-bagian tertentu anggota tubuhnya. Jika bayi lahir dengan tanda lahir di lengan kirinya, kelak ketika dewasa akan menjadi miskin. Sementara, kehadiran tanda lahir di lengan kanan berarti bahwa ketika dewasa, bayi akan menjadi kaya.

Jika tanda lahir berada pada kaki kanan, bayi akan suka jalan-jalan layaknya wisatawan, sedangkan tanda lahir pada kaki kiri, akan membuat ia cerdas. Jika pada perut, bayi akan menjadi serakah. Percaya, Bu?

Mitos #5 Jika bayi memiliki tanda lahir seperti bentuk bulan, salib atau berbentuk tanda cium, maka bayi dianggap sebagai pemberian Ilahi. Dalam masyarakat Indonesia sendiri, tanda lahir bayi seperti ini masih dipercaya sebagai hal sakral dan petunjuk dari Yang Maha Kuasa. Ini semua tergantung dari setiap individu mau percaya atau tidak.

Mitos #6 Bayi yang lahir dengan tanda terletak di tengah-tengah dada atau tanda lahir seperti bintang atau berbentuk hati dianggap sebagai bayi yang paling beruntung. Namun, pada kenyataannya adalah bahwa setiap orang tua menganggap bayi mereka sebagai pertanda keberuntungan!

Mitos #7 Percaya atau tidak, Bu, jika kita menyentuh bayi yang memiliki tanda lahir, itu akan membawa kita pada keberuntungan. Semoga saja.

Mitos #8 Di beberapa budaya, tanda lahir dianggap berbahaya dan juga sebagai simbol setan. Serius nih?

Mitos #9 Jika seorang ibu hamil menyentuh perutnya pada saat gerhana matahari, bayinya akan memiliki tanda lahir. Sangat aneh, bagaimana seseorang bisa melarang ibu hamil menyentuh perutnya? Ada-ada saja, ya, Bu.

Mitos #10 Tidak berbeda dengan mitos #9, jika seorang ibu hamil menyentuh bagian yang sama dari tubuhnya sambil berjalan, bayinya akan lahir dengan tanda lahir di daerah tepat yang Ibu sentuh.

Mitos #11 Ini menarik! Jika Ibu percaya pada inkarnasi, tanda lahir rupanya dipercaya menggambarkan bagaimana seseorang meninggal dalam kehidupan sebelumnya! (*)

Tags
mitos
Bayi
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help