Bangunan Baru Pelabuhan Punggur Sudah Selesai Tapi Belum Bisa Difungsikan. Ternyata Ini Sebabnya

Pembangunan pelabuhan ferry di Punggur telah selesai sejak 20 Maret 2017 silam. Namun, hingga kini belum bisa digunakan. Ini penyebabnya.

Bangunan Baru Pelabuhan Punggur Sudah Selesai Tapi Belum Bisa Difungsikan. Ternyata Ini Sebabnya
TRIBUNBATAM/LEO HALAWA
Kondisi pelabuhan Telaga Punggur pasca renovasi. Meski proses renovasi sudah selesai tapi masih belum bisa digunakan karena sedang dalam proses pemeriksaan, Selasa (28/3/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Pembangunan pelabuhan ferry di Punggur telah selesai sejak 20 Maret 2017 silam.

Namun, hingga kini, pelabuhan yang renovasinya menelan dana Rp 64 miliar tersebut masih belum bisa digunakan secara keseluruhan.

"Rampung bangunan sudah 20 Maret 2017 kemarin. Tapi, masih dalam proses pemeriksaan BPKP. Biasa, BPKP mencocokan apakah pengguna anggaran sesuai bistek sesuai atau hal lain," kata Direktur Humas dan Promosi Badan Pengusahaan (BP) Batam Purnomo Andiantono, Selasa (28/3/2017)

Andi menambahkan, PT Waskita Karya sebagai pengerja proyek masih menjalani pemeriksaan di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau. 

Meski bangunan sudah rampung, namun ada beberapa bagian yang masih membutuhkan sentuhan akhir.

Misalnya saja pelataran parkir dan jalan yang masih belum dibetonisasi sehingga masih dipenuhi lumpur yang cukup mengganggu.

Mengenai anggaran, pembangunan gedung baru tersebut berasal dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, masing-masing anggaran 2015 yang menghabiskan dana sekitar Rp 46,3 miliar dan tahun 2016 menghabiskan dana Rp18,63 miliar.

Sesuai peruntukan, pelabuhan tersebut akan menjadi pelabuhan  Umum Telaga Punggur yang menjadi akses utama dari Kota Batam menuju Ibu Kota Provinsi Kepri di Tanjungpinang. (*)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved