Kewenangan Daerah Berubah, OPD Kabupaten Anambas Blak-blakan Sulit Layani Ini

Kewenangan berubah, OPD di Kabupaten Anambas ini mengaku kesulitan melayani soal satu ini

Kewenangan Daerah Berubah, OPD Kabupaten Anambas Blak-blakan Sulit Layani Ini
tribunnews batam/m ikhwan
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Dinas Komunikasi, informatika dan statistik mengaku kesulitan dalam meningkatkan telekomunikasi di Anambas. Pelimpahan sebagian kewenangan yang diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah (PP), menjadi kendala yang dihadapi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis dalam meningkatkan akses serta layanan telekomunikasi di daerah.

"Pemerintah Daerah dalam hal ini Diskominfo tidak punya kewenangan dalam mengurus telekomunikasi. Semuanya itu sudah menjadi kewenangan Kementrian Kominfo Republik Indonesia serta pihak operator. Ini yang menjadi kendala daerah. Satu sisi telekomunikasi menjadi kebutuhan dasar masyarakat kebutuhan yang berkelanjutan,

satu sisi Pemda tidak bisa menganggarkan dan hanya bisa menyurati memohon, mengajukan proposal agar provider maupun Kemenkominfo meningkatkan akses dan layanan aksek telekomunikasi dan data di daerah," ujar Kepala Dinas melalui Kepala Bidang Komunikasi, Informatika dan Persandian, Diskominfo Kabupaten Kepulauan Anambas, Richart Selasa (28/3/2017).

Dinas di daerah, diakuinya hanya memiliki kewenangan untuk menjalankan komunikasi informasi publik, pengembangan e-Government termasuk domain yang ditambah dengan persandian dan statistik sektoral.

Upaya untuk berkoordinasi dengan Kementrian termasuk dengan pihak provider, diakuinya terus dilakukan dalam rangka peningkatan layanan telekomunikasi. Hal ini yang disadari penting, terlebih dalam prioritas peningkatan pada sektor pariwisata sebagai alternatif pendongkrak pendapatan asli daerah.

"Sesuai dengan peraturan perundang-undangan tersebut, kami diamanatkan untuk mengurus bidang yang-bidang itu. Ini juga berlaku pada Dinas Komunikasi dan Informatika di Provinsi," bebernya.

Baca: Heboh! Janda Ini Tertidur Usai Semalaman Berkali-Kali Begituan, Saat Bangun Terjadi Ini!

Komitmen untuk meningatkan layanan telekomunikasi di daerah, sebelumnya disampaikan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Dalam kunjungannya ke Anambas beberapa waktu lalu, sejumlah langkah mulai dari koordinasi termasuk komunikasi politik akan dilakukan untuk meningkatkan layanan telekomunikasi di daerah, khususnya pada daerah perbatasan seperti Anambas.

"Itu akan kami lakukan, mulai dari koordinasi termasuk komunikasi partai. Intinya, bagaimana meningkatkan layanan telekomunikasi pada daerah perbatasan, seperti di Anambas ini," ujarnya saat di BPMS. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved