Mellennial

Tato Tubuh Makin Berseni dan Banyak Kreasi

Tato yang ada di tubuh seseorang biasanya memang memiliki makna penting. Mereka rela tubuhnya “tersakiti” karena ingin mengabadikan sesuatu.

Tato Tubuh Makin Berseni dan Banyak Kreasi
TRIBUN BATAM
Seni Tatto tubuh 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Stigma negatif tentang orang-orang yang memiliki tato kini mulai memudar.

Apalagi banyak orang menilai tato adalah bagian dari seni. Di dunia fashion, tato bahkan sudah menjadi bagian dari tren mode.

Tidak mengherankan jika sejumlah selebriti baik lokal maupun dunia justru bangga memamerkan tato-tato yang ada di tubuh mereka. Sebut saja Angelina Jolie, David Beckham, Tora Sudiro, Nikita Mirzani, Mesut Ozil, dan lainnya.

Tato yang ada di tubuh seseorang biasanya memang memiliki makna yang penting. Mereka rela tubuhnya “tersakiti” karena ingin mengabadikan karakter kesukaan, hari penting, wajah seseorang sebagai bukti cinta, binatang kesayangan, hingga tulisan yang sangat menginspirasi.

Tato sendiri secara umum terbagi dua yakni permanen dan non permanen atau temporer. Yang namanya tato permanen berarti pembuatan tato dengan cara menyuntikkan tinta ke bawah kulit tubuh sehingga agak sulit untuk menghilangkannya. Sementara tato temporer hanya diterapkan pada permukaan kulit dan dapat bertahan hingga sekitar 2 minggu.

Orang menggunakan tato temporer biasanya hanya untuk bersenang-senang, bereksperimen dengan penampilan mereka, tanpa merasakan sakit ketika ditato permanen. Tato temporer ini biasanya menggunakan henna hitam, yang mungkin mengandung coal-tar untuk mewarnai rambut yang mengandung p-phenylenediamine (PPD).

Pembuatan tato permanen ini, menurut Eddo, pemilik studi Eddo Tattoo di Batam, bisa menyebabkan infeksi, memar, gatal-gatal bahkan sampai bernanah, jika tidak hati-hati. Terlebih jika alat yang digunakan membuat tato tidak steril dan saat pengerjaannya tidak menggunakan sarung tangan.

Sebab itu, tambahnya, hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membuat tato permanen adalah sterilitas dari alat yang digunakan, baik jarum suntik maupun sarung tangannya.

“Semua alat harus baru. Jarum suntik dan sarung tangan harus baru dan hanya digunakan untuk satu orang. Setelah itu harus dibuang dan gunakan yang baru lagi untuk orang lain,”kata Eddo beberapa waktu lalu.

Selain itu, jenis tinta yang digunakan dalam membuat tato juga sebaiknya herbal bukan bahan kimia.
Apakah sakit saat membuat tato permanen?

Eddo mengaku, rasanya seperti digigit semut. Setelah tato dibuat, akan timbul memar pada kulit dan biasanya hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Jika tato baru dibuat, sebaiknya hindari terkena paparan sinar matahari secara langsung dan hindari terkena sabun agar tetap dalam kondisi baik dan tidak terinfeksi.

Saat ini, gambar-gambar tato yang paling adalah bertema oriental, realis, mauri, haunted, new skull, old skull, bio organic, dan bio mechanic. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help