WOW. Bakal Modernisasi Infrastruktur, Amerika Siapkan Dana Rp 13.000 Triliun

Dia mengatakan, nilai pembangunan infrastruktur tersebut akan mencapai 1 triliun dolar AS untuk jangka waktu 10 tahun.

WOW. Bakal Modernisasi Infrastruktur, Amerika Siapkan Dana Rp 13.000 Triliun
Kompas.com/Elle Decor/Getty Images
Presiden AS Donald Trump mulai menjalankan tugas eksekutifnya di Ruang Oval, Gedung Putih, Amerika Serikat. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Menteri Transportasi AS Elaine Chao mengatakan, Presiden AS Donald Trump akan segera mengumumkan rencana pembangunan infrastruktur senilai 1 triliun dollar AS atau senilai Rp 13.000 triliun (kurs Rp 13.000 per dolar AS) pada tahun ini.

Tapi, Chao tidak membeberkan secara detil, pembangunan infrastruktur mana saja yang akan digarap Trump di era kepemimpinannya.

Chao mengatakan, hal ini dalam sebuah acara. Dia mengatakan, nilai pembangunan infrastruktur tersebut akan mencapai 1 triliun dolar AS untuk jangka waktu 10 tahun.

Proposal pembangunan infrastruktur tersebut akan lebih banyak kepada infrastruktur transportasi, dan termasuk pembangunan infrastruktur energi, pengairan dan pengembangan jaringan pita lebar, hingga rumah sakit untuk veteran.

Sementara, pada sektor transportasi, direncanakan akan banyak pembangunan untuk memodernisasi jalan, jembatan, bandara, sistem kelistrikan dan sistem pengairan.

Menurut Chao, pemerintah akan menggunakan skema kemitraan atau public-private partnerships dibanding pendanan sendiri.

Namun belum jelas dalam proposal itu, bagaimana pemerintah federal akan mendanai proposal 1 triliun dollar AS dari Trump tersebut.

Sementara Chao menambahkan bahwa pihaknya akan mempercepat proses persetujuan proposal tersebut agar proyek pemerintah tersebut cepat berjalan.

Skeptis

Di sisi lain, pihak investor masih skeptis mengenai rencana pembangunan infrastruktur pada tahun ini.

Indeks transportasi Dow Jones memang naik pasca pilpres AS di 8 November 2016, bahkan sempat mencapai rekor pada 1 Maret 2017. Namun hingga 30 Maret 2017, sudah turun 4,3 persen.

Sementara itu, sejumlah investor mempertanyakan seberapa cepat kebijakan Trump yang pro pertumbuhan tersebut bisa diimplementasikan.

Sebelumnya di awal bulan ini, Trump mengajukan proposal senilai 16,2 miliar dollar AS untuk anggaran 2018 Departemen Transportasi AS, dengan reduksi 13 persen dari pagi semula.

Pemangkasan sebesar 13 persen tersebut terutama untuk dana " Essential Air Service' yakni layanan jasa udara untuk daerah pinggiran. Juga memangkas layanan Amtrak, kereta khusus di AS, untuk layanan jarak jauh. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved