Lima Tahun Ke Depan Fungsi Bank Bisa Digantikan Fintech

Ke depan fungsi bank bakal diagregrasi oleh fintech. Jadi, fungsi bank sebagai pembayaran, simpan dan pinjam akan diganti dengan fintech.

Lima Tahun Ke Depan Fungsi Bank Bisa Digantikan Fintech
KONTAN
Bisnis Fintech 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ke depan fungsi bank bakal diagregrasi oleh fintech. Jadi, fungsi bank sebagai pembayaran, simpan dan pinjam akan diganti dengan fintech.

“Dan sudah terjadi saat ini. Ada fintech yang fokus sebagai agregator dan lainnya,” terang Yosamartha, Direktur Fintech Office Bank Indonesia (BI) saat IndoFintech2017,  yang diadakan oleh Royal Media Integrated Communication, Kamis (30/3), dalam rilis yang diterima KONTAN.

Bisa saja  lima sampai 10 tahun ke depan, seluruh fungsi fintech melebur menjadi satu dan fungsi bank universal bisa menjadi fintech universal.

Nah, BI  harus bisa mengantisipasi perkembangan fintech. ”Saat ini sekitar 99% model bisnis fintech sudah kita okein, kecuali startup, makanya kami membuka diskusi,” kata Yosamartha.

Besarnya peluang bisnis fintech, mendorong masuknya pemain asing. Salah satunya TrueMoney. 

Geert Warlop, Deputy Director TrueMoney International menyebut, pihaknya tertarik berbisnis di Indonesia karena potensinya yang besar. Masih ada sekitar 64% penduduk yang belum bankable dan jumlah penduduk yang besar. 

TrueMoney sudah ada di Indonesia sejak tahun lalu dan memiliki sekitar 16.000 agen.

“Kami masih mengandalkan agen, karena kami ingim menjangkau orang yang belum bankable,” ujar Warlop. TrueMoney merupakan salah satu lini bisnis dari Charoen Phokphan Group. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help