Hore! Pemko Batam Bakal Bedah Rumah 100 Unit, Ini Tiga Lokasi Bedah Rumahnya

Pemko Batam melalui Dinsos bakal bedah rumah sebanyak 100 unit di tiga kecamatan ini. Siapa tahu Anda yang mendapat bedah rumah!

Hore! Pemko Batam Bakal Bedah Rumah 100 Unit, Ini Tiga Lokasi Bedah Rumahnya
Tribunnews Batam / Istimewa
Bedah Rumah bagi warga yang tidak mampu. Foto Ilustrasi

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM-Pemko Batam akan merenovasi sebanyak 100 unit rumah yang masuk program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada 2017.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Hasyimah mengatakan, ada tiga lokasi yang menjadi fokus RTLH tahun ini. Yakni di Belakangpadang, Bulang dan Galang.

"35 unit di Belakangpadang, 35 unit di Galang dan 30 unit di Bulang," kata Hasyimah, baru-baru ini.

Baca: Ngeri! Habis Bunuh Siswa SMA Taruna, Anak Jenderal Ini Bersihkan Pisau Pakai Kaus Rekannya!

Dikatakan, pihaknya akan membentuk satu tim khusus. Tujuannya untuk memverifikasi apakah orang yang mendapat bantuan RTLH itu, benar-benar layak atau tepat sasaran.

"Apa betul orang susah. Kita tak ingin mendengar ada istilah lurah, atau RT/RW-nya minta duit. Makanya kita buat tim," ujar dia.

Hasyimah melanjutkan, nantinya setiap rumah yang masuk program RTLH tahun ini, akan mendapat bantuan dalam bentuk material bangunan senilai Rp 22 juta. Untuk pengerjaannya, pihak kelurahan akan membuat satu tim yang sifatnya gotong-royong merenovasi rumah tersebut. Satu tim isinya 10 orang.

"Upahnya satu rumah Rp 3 juta. Bahan materialnya Rp 22 juta. Jadi bantuan yang kita kasih dalam bentuk non tunai," kata Hasyimah.

Dia berharap untuk lelang kegiatan RTLH itu, bisa dilakukan dalam rentang April-Desember 2017. Sementara itu, jika dikalkulasi dari beberapa tahun lalu, total ada sekitar 3000-an lebih rumah yang direnovasi dalam program RTLH ini.

"Bantuan infrastruktur untuk kategori orang miskin memang lumayan banyak. Bahkan kita juga mengajukan ke pusat lewat musrenbang untuk bantuan 200 rumah. Disetujui di Pulau Garam dan Gertam," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Pemko Batam menganggarkan dana lebih kurang Rp2,2 miliar untuk program pembangunan RTLH. Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemko Batam, Ardiwinata mengatakan, ada 100 unit rumah yang masuk program tersebut tahun ini.

"Sifatnya rehab, dan ini kita peruntukkan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Rumahnya memang tidak layak huni. Dinding, atap sudah tidak layak tapi masih ditempati," kata Ardi. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help