Mustika Rasa

Soto Kwali, Gurihnya Kuah Soto Dimasak dalam Kwali

Satu di antara yang terkenal ialah soto kwali. Soto yang berasal dari Solo ini memiliki ciri khas dalam isinya, yaitu nasi, daging, dan tauge.

Soto Kwali, Gurihnya Kuah Soto Dimasak dalam Kwali
TRIBUN BATAM

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Bisa dibilang soto adalah masakan nusantara. Sebab di setiap daerah ada sajian kuliner soto, yang biasanya mengikuti nama daerah.

Satu di antara yang terkenal ialah soto kwali. Soto yang berasal dari Solo ini memiliki ciri khas dalam isinya, yaitu nasi, daging, dan tauge. Dan uniknya juga, kuah soto diletakkan di dalam kwali yang terbuat dari tanah.

"Soto kwali yang ini berasal dari Sukoarjo, Sukoharjo itu daerah di sekitar Solo juga. Dan sudah saya kembangkan soto kwali inj di Batam sejak tahun 2004," kata Han selaku pemilik Soto Kwali.

Kuah Soto Kwali bening dengan sedikit kekuningan sebagai pengaruh dari rempah-rempah yang ada di dalamnya. Selain itu, teste sapi pada kuah juga sangat terasa karena lemak dan tulang-tulang yang ada di dalam kuah itu.

Untuk memperlengkap saat makan soto, biasanya juga disajikan gorengan tahu isi, tempe goreng, bakwan, telur puyuh dan jeroan. Selain itu khasnya juga terlihat dari tambahan menggunakan jeruk nipis.

Di Batam, menikmati Soto Kwali terbilang mudah. Apalgi, Soto Kwali Sukoharjo memiliki delapan cabang. Seperti Bida Asri 2, Batu Aji, Legenda, Bengkong Harapan, Tanjung Piayu, Sp Plaza, Batam Centre, dan Muka Kuning. Soto kwali ini sudah mendapatkan hak paten pada tahun 2011.

Soto Kwali sudah bisa dipesan melalui gojek. Soto kwali di Legenda Malaka terletak, Depan SMP 12 Batam. Buka setiap hari dari pukul 07.00 - 21.00 WIB. Dengan harga Rp13 ribu. (*)

Resep Soto Kwali

Bumbu halus:
5 bawang merah
10 Bawang putih
5 cm Jahe
3 cm Kunyit
1 sdt Merica
Separuh Pala
Ebi secukupnya
Daun jeruk, lengkuas, dan serai secukupnya
Garam dan penyedap rasa secukupnya

Bahan lainnya:
1 kg daging sapi
2 ons tauge
250 gram kol di potong-potong
4 buah jeruk nipis
Air 5 liter
Bihun sesuai selera
Nasi sesuai selera
Daun seledri secukupnya
Bawang goreng secukupnya

Cara pembuatan:
Rebuskan daging hingga kaldunya keluar selama kurang lebih satu jam.
Setelah kaldu sapi keluar, ambil daging sapi tiriskan dan potong kecil-kecil. Kuah rebusan daging ditambahkan air kembali untuk menjadi kuah soto.
Haluskan bawang merah, bawang putih, pala, merica, ebi, kunyit dan jahe. Tumis hingga harum. Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis kedalam kuah, kemudian masukkan daun jeruk, lengkuas dan serai ke dalam kuah. Aduk rata dan tunggu hingga mendidih kembali.

Cara penyajian:
Masukkan nasi, bihun, kol, tauge ke dalam mangkuk. Masukkan kuah secukupnya. Tambahkan daun seledri, dan bawang goreng sesuai selera

Tambahan:
Kecap
Sambal cabai rawit
Telur puyuh
Tempe goreng
Bakwan
Tahu isi
Jeroan

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help