Anak Anda Sibuk dengan Gadget, Coba Empat Tips Ini Agar Anak Aktif Bergerak

Anak-anak yang berdiri atau bergerak terus cenderung lebih sehat ketimbang yang duduk saja untuk waktu yang lama.

Anak Anda Sibuk dengan Gadget, Coba Empat Tips Ini Agar Anak Aktif Bergerak
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Anda mungkin pernah mendengar bahwa menghabiskan waktu terlalu banyak untuk duduk buruk buat kesehatan, bahkan jika Anda terbiasa aktif. Kini, temuan baru mengatakan hal yang sama juga berlaku bagi anak-anak. Tentunya ini menjadi alasan kuat bagi Anda untuk membuat anak-anak tetap aktif. 

Anak-anak yang berdiri atau bergerak terus cenderung lebih sehat ketimbang yang duduk saja untuk waktu yang lama. Ini temuan sebuah kajian yang diterbitkan di jurnal PLoS One.

Dengan menggunakan akselerometer, para peneliti melacak level aktivitas lebih dari 500 anak selama tujuh hari.

Baca: Mirip Kisah Tarzan, Bocah Ini Hidup Bareng Monyet dan Bicara Seperti Hewan

Baca: NEWSVIDEO. Cristiano Ronaldo Persembahkan Sepatu Barunya untuk Manchester United. Ini Alasannya

Hasilnya menyebutan bahwa mereka yang mengambil jeda pendek selama aktivitas tak bergerak, seperti menonton TV atau menggunakan komputer memiliki indeks massa tubuh dan risiko kardiometabolis lebih rendah dibanding anak-anak yang tidak jeda. 

Bahkan untuk anak-anak yang terbiasa berlarian atau bermain di luar, duduk diam untuk waktu yang lama bisa tidak sehat. “Ketika kita duduk untuk periode waktu yang lama, jumlah gula dan lemak alam darah naik, menyebabkan tubuh memompa lebih banyak insulin,” kata peneliti Travis Saunders, Ph.D.

Dan dari waktu ke waktu, peningkatan insulin bisa mengarah pada tekanan darah yang terlalu tinggi dan menignkatkan level kolesterol, juga obesitas dan diabetes.

Berjam-jam waktu yang dihabiskan untuk bersantai di depan TV atau komputer bisa lebih berbahaya, karena waktu menonton diasosiasikan dengan asupan makanan yang meningkat pada anak-anak. 

Baca: Populasi Ular Piton Menggila, Pemerintah Florida Terjunkan 25 Pemburu Bayaran

Halaman
12
Tags
anak
gadget
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help