BREAKINGNEWS: Luar Biasa! Pelajar Anambas Sulap Air Laut Jadi Listrik. Ini Orangnya!

Hebat! Pelajar Anambas sulap air laut menjadi arus listrik. Berkas inovasinya, dia membantu penerangan lampu hingga 8 jam. Ini caranya!

BREAKINGNEWS: Luar Biasa! Pelajar Anambas Sulap Air Laut Jadi Listrik. Ini Orangnya!
Tribun/Septyan Mulia Rohman
Muftasul Azam, pelajar kelas III SMPN 5 Arung Hijau Desa Tiangau Kecamatan Siantan Selatan saat mendemonstrasikan Inovasi yang dibuatnya di BPMS Jumat (7/4/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS- Apa jadinya bila air laut digunakan untuk menyalakan lampu?

Hal ini yang dilakukan Mufsatul Azam, pelajar kelas III SMPN 5 Arung Hijau Desa Tiangau Kecamatan Siantan Selatan.

Dibantu dengan dua buah baterai berukuran besar dengan kabel yang terhubung pada lampu berukuran lima watt, air laut yang mudah ditemukan di Anambas, ia coba aplikasikan untuk lampu penerangan.

Baca: Terbongkar! Inilah Wanita Otak Begal Yang Bunuh Bella Dengan Sadis

Baca: Edan! 3 Pria Ini Cabuli Bergilir Gadis Penjaga Kedai Kopi, Pelaku Robek Celana Korban

Baterai yang telah terhubung dengan kabel yang dicelupkan ke dalam air laut dalam wadah itu pun bahkan ia klaim dapat bertahan untuk menyalakan lampu lima watt selama lebih kurang delapan jam.

"Konsepnya air laut sebagai penghantar arus listrik. Rumah saya sendiri sudah menggunakan ini," ujarnya saat mengikuti Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat kabupaten di Gedung BPMS Jumat (7/4/2017).

‎Ia mengatakan, ide untuk membuat air laut sebagai penghantar arus listrik muncul saat mengikuti pelatihan IPA tentang pembangkit listrik. Dari sana, ia pun coba mengembangkan selama lebih kurang dua bulan lamanya. Fenomena mati listrik yang kerap terjadi, khususnya yang terjadi di Arung Hijau pula, yang membuat dirinya tergerak untuk mencoba mengembangkan ilmu IPA dasar ini.

"Pertama hanya coba-coba. Sering mati lampu, sementara air masin (air laut,red) banyak," ungkapnya. Dibantu dengan dua orang gurunya, Azam tidak mengelak ide yang ia aplikasikan masih memerlukan pengembangan kedepannya. Ia berharap, Inovasi yang ia lakukan bisa menjadi solusi untuk penerangan masyarakat. (*)

Berita Terkait Baca Harian Tribun Batam Edisi Sabtu (8/4/2017)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help