Formula 1

Gara-gara Helikopter Medis Tak Bisa Mendarat, Latihan Bebas Kedua di GP China Dibatalkan

Jumat ini kabut memang menyelimuti kota Shanghai. Sirkuit Shanghai itu sendiri masuk kategori layak digunakan

Gara-gara Helikopter Medis Tak Bisa Mendarat, Latihan Bebas Kedua di GP China Dibatalkan
AFP/JOHANNES EISELE
Lewis Hamilton menjalani latihan pertama Grand Prix Shanghai, Jumat (7/4/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, SHANGHAI - Sesi free practice (FP) atau latihan bebas kedua GP China di Sirkuit Shanghai, Jumat (7/4/2017), dibatalkan sama sekali.

Race Director F1, Charlie Whiting, terpaksa melakukan itu karena keselamatan adalah segalanya. 

Jumat ini kabut memang menyelimuti kota Shanghai. Sirkuit Shanghai itu sendiri masuk kategori layak digunakan.

Hanya, karena helikopter medis tidak bisa mendarat di RS terdekat dari sirkuit, Whiting terpaksa membatalkan sama sekali FP2 itu.

"Ya, helikopter medis kami tidak bisa mendarat di RS yang jaraknya 38 km dari sirkuit. Karena itu, kami tak bisa menjalankan FP hari ini," kata Whiting kepada Sky Sports F1.

Pada FP1 sesi sempat digelar walau juga mengalami penundaan. Namun kabut kian menebal pada siang hari dan membuat helikopter medis tak bisa berfungsi maksimal.

Whiting tentu saja wajib mengantisipasi bila terjadi apa-apa terhadap salah satu pebalap di sesi FP2. Bila mereka mengalami kecelakaan dan diharuskan menerima pertolongan medis serta kemudian dibawa ke RS, maka itu tak bisa dilakukan karena helikopter terhalang kabut.

Hal sekecil apa pun terkait keselamatan memang sangat diperhatikan di Formula 1. Para pebalap dan tim menerima keputusan Whiting ini.

Cuaca diprediksi membaik hari Sabtu besok, namun kembali berkabut dan hujan pada Minggu. Menarik apakah akan ada balapan pada hari Minggu mengingat kejadian pada hari Jumat ini.

Atau, seperti yang Sky Sports laporkan bahwa sudah beredar kabar balapan akan digelar hari Sabtu.

"Hari Sabtu? Tidaklah. Saya ingin balapan tetap digelar hari Minggu," ujar Sebastian Vettel, pebalap Ferrari. (Arief Kurniawan) 

Editor: nandarson
Sumber: Bola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help