TribunBatam/

Sebaiknya Anda Tahu

Anda Sering Pipis? Waspadalah Ini 1 Dari 12 Gejala Sakit Kronis Ini. Jangan Sepelekan!

Anda sering kebelet pipis? Waspadalah ini 1 dari 12 gejalan penyakit kronis ini. Jangan sepelekan!

Anda Sering Pipis? Waspadalah Ini 1 Dari 12 Gejala Sakit Kronis Ini. Jangan Sepelekan!
nova
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Kita tahu, salah satu organ dalam tubuh kita yang memiliki fungsi penting adalah ginjal. Ginjal memiliki peranan penting dalam sistem metabolik tubuh manusia.

Baca: Tragis, Pengantin Baru Gantung Diri Ternyata Hamil 4 Bulan, Janin Dipisahkan saat Dikubur

Baca: Berpura-pura Janda Cantik Cari Jodoh, Komplotan Ini Peras Pria Naksir Rp 25 Juta. Ini Modusnya!

Baca: Kasus Mutilasi di Tempat Biliar Diduga karena Utang Pekerjaan, Ini Indikasinya

Selain menjadi organ penyaring racun dan zat-zat sisa dalam darah, ginjal juga berfungsi menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh, dan mengatur keseimbangan asam-basa.

Kemudian, ginjal juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah, konsentrasi elektrolit, dan memproduksi vitamin D aktif yang membantu mempertahankan tulang yang sehat. Ginjal juga memiliki peranan dalam keseimbangan sirkulasi darah dalam tubuh, yaitu dengan mengatur tekanan darah dan memproduksi sel darah merah.

Namun, bila tubuh tak terhidrasi dengan baik secara terus-menerus, akan rentan terkena penyakit ginjal kronik (PGK). PGK terjadi karena adanya penurunan fungsi ginjal secara perlahan-lahan dengan rentang waktu lebih dari 3 bulan, karena adanya kerusakan ginjal yang disebabkan oleh abnormalitas struktural atau fungsional, dengan atau tanpa Laju Filtrasi Glomerulus (LFG).

PGK dapat berkembang lebih parah menjadi gagal ginjal. Gejalanya adalah mudah lelah, sesak nafas, mual, penurunan daya konsentrasi, dan nafsu makan, gangguan tidur, kram otot, pembengkakan pada kaki dan tumit, kulit menjadi lebih gelap, peningkatan atau frekuensi kencing, perasaan gatal, hingga mati rasa.

Untuk mencegah penyakit ginjal kronik, tentunya kita harus menjaga pola hidup kita dengan baik. Tubuh harus terhidrasi dan juga konsumsi gizi seimbang, serta aktif berolahraga.

“Penumpukan lemak dalam tubuh yang pada seseorang yang kegemukan atau obesitas, otomatis kegiatan-kegiatan organ tubuhnya cukup berat,” jelas Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K)., Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Menurut Dr. Ratna, lemak yang tinggi pada orang gemuk juga akan ada di sekitar jantung, paru-paru, liver, ginjal dan akan menyebabkan kemungkinan gangguan kepada fungsi ginjalnya.

Namun, baik gemuk atau tidak, kita tetap harus rajin minum air putih karena air putih bisa memperlancar dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam kesehatan tubuh kita. Jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari, ya! (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help