Festival Padang Melang Sudah Dekat, Tukik Baru 35 Persen Target 5000 Ekor

Festival Padang Melang di Anambas sudah di depan mata. Baru 35 persen tukik dari target guna pemecahan rekor MURI. Ini alasannya

Festival Padang Melang Sudah Dekat, Tukik Baru 35 Persen Target 5000 Ekor
net
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Target pelepasan anak penyu (tukik,red) baru mencapai 35 persen. Pelepasan tukik yang dijadwalkan akan dilakukan bersamaan pada festival Padang Melang pada bulan Mei 2017 mendatang, ditargetkan akan melepas lima ribu tukik serta masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Baca: Jaksa Menuntut Hukuman Mati Polisi Ini, Keluarga Korban Tetap Emosi Ingin Menghajarnya

Baca: Jaksa Tuntut Hukuman Mati Polisi Ini, Keluarga Korban Langsung Bersorak. Ini Alasan Jaksa!

Baca: Tragis, Pengantin Baru Gantung Diri Ternyata Hamil 4 Bulan, Janin Dipisahkan saat Dikubur

Baca: Berbahagialah! Inilah 4 Efek Menakjubkan Doyan Minum Air Putih Hangat Bagi Tubuh Anda!

"Rencana awal lima ribu tukik yang ingin dilepas. Namun, belum semuanya menetas. Baru 1.750 ekor yang ada," ujar Kepala Dinas Perikanan, pertanian dan pangan Kabupaten Kepulauan Anambas Catharina kepada sejumlah awak media Senin (10/4/2017).

Catharina menambahkan, ketersediaan 1.750 ekor tukik tersebut, selain dari Pemerintah Daerah, perwakilan salahsatu perusahaan yang bergerak di bidang migas serta memiliki base di Matak, ikut membantu dalam menyumbang anak penyu untuk dilepas ke alam. Dari 1.750 ekor tersebut, Pemerintah Daerah telah menyediakan 1.600 ekor tukik, sementara dari pihak perusahaan sebanyak 150 ekor.

"Dari hasil koordinasi, salahsatu perusahaan migas bersedia untuk menyumbangkan 1.500 ekor tukik. Sementara, sisanya dari Pemerintah Daerah. Ini merupakan penetasan tahap pertama pada bulan Februari kemarin. Lama waktu penetasannya mencapai 45 hari," ungkapnya.

Catharina pun optimis, pelepasan tukik di Pulau Jemaja itu bakal masuk kedalam rekor MURI. Selain perencanaan yang telah tersusun, termasuk jadwal telur penyu tersebut menetas, pihaknya menargetkan untuk mengalahkan rekor MURI sebelumnya yang dibuat oleh Maluku dengan melepaskan 3.047 tukik.

"Target kami di atas Maluku. Artinya, bila kami berhasil di atas Maluku, maka rekor MURI sudah bisa tembus. Namun, kami tetap optimis, target tersebut bisa tercapai," ungkapnya. (*) 

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved