TribunBatam/

Mustika Rasa

Ikan Saus Bongkot, Aroma Khas Bongkot Bikin Makin Maknyus Rasanya

Bongkot merupakan bahasa Bali dan secara umum, tanaman ini dikenal juga dengan nama kecombrang, kantan, kencong, dan honje.

Ikan Saus Bongkot, Aroma Khas Bongkot Bikin Makin Maknyus Rasanya
TRIBUNBATAM
Mustika Rasa 

ANDA pernah dengar Bunga Bongkot ? Selain bunganya cantik berwarna pink, tanaman ini juga merupakan rempah pelezat aneka makanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Bongkot merupakan bahasa Bali dan secara umum, tanaman ini dikenal juga dengan nama kecombrang, kantan, kencong, dan honje atau bahasa latinnya Etlingera elatior.

Mulai dari batang muda, bunga, dan biji bongkot semuanya bisa dijadikan campuran masakan yang sunggh nikmat. Wangi bongkot memang menggugah selera bagi para penggemarnya. Namun, ada juga orang yang tidak menyukai bongkot karena aroma yang agak menyengat.

Adalah Kyans Café yang mengolah bongkot sebgai masakan khas dengan nama Ikan Saus Bongkot.

Febri selaku Chef Kyans Café mengatakan, bongkot diolah menjadi campuran sambal ikan. Aroma khas bongkot ini memang dijadikan daya pikat terhadap masakan sambal ikan selar.

"Untuk ikan digunakannya ikan selar karena daging ikannya lembut dan terasa manis. Cocok dengan saus bongkot yang terasa segar dan gurih," Kata Febri saat ditemui Tribun Batam di Kyans Café yang berlokasi di Komplek Orchid Business Centre kios no. 5 Batam Centre, belum lama ini.

Ikan selar dimasak dengan potongan batang muda bongkot, irisan cabai, dan bawang. Ikan Saus Bongkot ini sangat cocok disajikan bersama nasi yang masih hangat. Saus Bongkot juga terasa hingga ke dalam ikan bahkan bongkot juga masih terasa crunchy sehingga kerenyahan dan wangi yang keluar dari bongkot memang nikmat.

Selain janian Ikan Saus Bongkot, pastinya Kyans Cafe juga menyediakan aneka makanan lainnya, seperti berbagai jenis snack, indomie station, berbagai pilihan nasi & mie goreng, pilihan soto, olahan ayam, sampai aneka pilihan makanan western.

Kyans Cafe merupakan kafe dengan konsep free style. Kafe ini menggabungkan beberapa konsep di dalamnya. Kyans cafe juga memiliki suasana yang berbeda dengan ruangan yang serba kaca.

Pada siang hari, ruangan memang cenderung full AC, tapi pada malam hari diubah menjadi ruangan outdoor dan smocking area. Kyans cafe buka setiap hari pukul 11.00 - 24.00 WIB.

Halaman
123
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help