Sinkronisasi Kependudukan KPU Pinang, Jangan Sampai Orang Meninggal Terdaftar Pemilih

Sinkronisasi kependudukan KPU Tanjungpinang, berharap agar orang sudah meninggal tidak terdaftar lagi sebagai pemilih pemilu

Sinkronisasi Kependudukan KPU Pinang, Jangan Sampai Orang Meninggal Terdaftar Pemilih
Tribun Batam/Argianto DA Nugroho
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang melaksanakan rapat koordinasi kependudukan bersama camat dan lurah se-Kota Tanjungpinang, Senin (10/4/2017) di Hotel Plaza. Rapat digelar untuk membahas masalah jumlah pemilih.

Baca: Heboh! Cantiknya Istri Bandar Narkoba Beromzet Rp 1,2 Triliun, Ternyata Dia Bisnis Begini

Baca: Jualan Martabak, Polisi Ini Raup Rp 2 Juta per Malam. Ini Harta Kekayaannya!

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menjelaskan berdasarkan data KPU ada 150 ribu pemilih. Sementara dalam data kependudukan Pemko Tanjungpinang, ada 180 ribu pemilih yang berhak menggunakan hak suaranya.

Menurut Lis, terjadinya perbedaan tersebut karena adanya penambahan pemilih pemula dan penduduk yang sebelumnya belum masuk daftar pemilih. Sehingga Pemko Tanjungpinang dan KPU melakukan berkoordinasi data kependudukan tersebut untuk menciptakan daftar pemilih yang berkualitas.

"Nanti data terakhir dari kita sebelum Juni sudah kita serahkan ke KPU untuk ditindaklanjuti. Kita belajar dari kekurangan data yang dulu, sehingga kedepan diharapkan bisa lebih baik lagi. Jadi tak ada orang yang meninggal sekian tahun masuk daftar pemilih lagi," katanya.

Namun menurutnya, saat ini aturan lebih fleksibel. Sehingga dia yakin daftar pemilih di Kota Tanjungpinang pada Pemilihan Walikota 2018 mendatang bisa lebih baik dari pemilu sebelum-sebelumnya.

"Pemilih-pemilih yang sebelumnya tidak terdaftar, jadi terdaftar. Kita update kembali," katanya.

Lis juga meminta penduduk yang belum melakukan perekeman e-KTP untuk melakukan perekaman. Jangan sampai karena tidak melakukan perekaman, mereka tidak bisa menggunakan hak suaranya. (*)

Berita Terkait Baca Harian Tribun Batam Edisi Selasa (11/4/2017)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help