Tong Lima Warna di Karimun Perlu Sosialisasi Lagi, Ini Alasannya!

Tong sampah lima warna di Karimun masih perlu sosialisasi. Ini pemicunya!

Tong Lima Warna di Karimun Perlu Sosialisasi Lagi, Ini Alasannya!
tribunbatam/elhadif putra
Warga berada di dekat tong sampah lima warna 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Tong sampah lima warna yang digalakkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Karimun masih belum optimal. Bahkan masyarakat tidak terlalu memperhatikan fungsi dari masing-masing tong sampah yang dipasang berjejer tersebut.

Baca: Jaksa Menuntut Hukuman Mati Polisi Ini, Keluarga Korban Tetap Emosi Ingin Menghajarnya

Baca: Jaksa Tuntut Hukuman Mati Polisi Ini, Keluarga Korban Langsung Bersorak. Ini Alasan Jaksa!

Baca: Tragis, Pengantin Baru Gantung Diri Ternyata Hamil 4 Bulan, Janin Dipisahkan saat Dikubur

Dari pantauan tribun, banyak tong lima warna diletakkan di tempat-tempat umum. Lima tong sampah kembar dengan lima warna berbeda itu bertuliskan organik, non organik, kertas, plastik dan B3 (bahan berbahaya beracun). Namun kenyataannya sampah yang ada di dalam tong tidak sesuai dengan tulisan yang tertera di bagian luarnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Karimun, Rosmawati yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia juga mengaku masayarakat harus lebih diberikan penjelasan mengenai fungsi dari tong lima warna.

"Memang perlu sosialisasi lagi. Sehingga fungsi tong lima warna bisa tercapai," karta Rosmawati, Senin (10/4).

Rosmawati menyebutkan tujuan dari tong lima warna adalah untuk meningkatkan kualitas kebersihan di Karimun. Dengan adanya tong itu maka akan mempermudah pemisahan sampah menurut jenisnya.

"Fungsinya ya untuk memilah sampah. Yang banyak di kita sampah organik, non organik, kertas dan plastik. Jadi kalau sampah organik di buang di tong organik dan begitu juga yang lainnya. Kalau B3 kita mungkin tidak ada," ujarnya.

Saat ini tong lima warna telah disebar di Pulau Karimun Besar, yakni di tempat umum dan perumahan-perumahan. Sebanyak 64 tong disebarkan di tempat umum dan sisanya di perumahan yang ada di Karimun. (*) 

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved