TribunBatam/

WOW. Tiap Bulan Ada Lima Juta Perusahaan Beriklan di Facebook

Raksasa internet Facebook Inc menyatakan, jumlah perusahaan yang memasang iklan di jejaring sosial tersebut setiap bulannya mencapai 5 juta.

WOW. Tiap Bulan Ada Lima Juta Perusahaan Beriklan di Facebook
Kompas.com/Reuters

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, SAN FRANCISCO - Raksasa internet Facebook Inc menyatakan, jumlah perusahaan yang memasang iklan di jejaring sosial tersebut setiap bulannya mencapai 5 juta.

Untuk itu, Facebook kini tengah memperbarui layanan iklannya guna menarik lebih banyak usaha kecil yang memanfaatkan platform mobile Facebook untuk beriklan.

Mengutip Reuters, Selasa (11/4/2017), Direktur Operasional Facebook Sheryl Sandberg menyatakan, jumlah pembeli dari iklan yang dipasang di Facebook adalah batu pijakan yang penting. Sebab, ini berarti Facebook memiliki ruang untuk tumbuh dalam skala yang masif.

Pada September 2016 lalu, Facebook menyatakan memiliki setidaknya 4 juta perusahaan pengiklan. Adapun sebelumnya pada Maret 2016, jumlah pengiklan mencapai 3 juta.

Sementara itu, jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia mencapai 1,9 miliar. Saat ini, Facebook tengah bersaing keras dengan Google dalam hal periklanan digital.

Kedua raksasa teknologi Silicon Valley tersebut menargetkan 46 persen belanja iklan online pada tahun 2018. Jumlah belanja iklan sebesar itu biasanya dilakukan oleh pengiklan berupa brand besar.

Namun, untuk menarik perusahaan-perusahaan kecil, Facebook menyajikan serangkaian perangkat, seperti target audiens, studio desain mobile, dan kursus online dalam 10 bahasa.

"Bisnis-bisnis kecil memberikan produk dan layanan yang penting. Namun, mereka juga merupakan mesin besar pertumbuhan lapangan kerja di dunia di mana pertumbuhan lapangan kerja tidak menentu dan ini adalah hal yang sangat dikhawatirkan banyak orang," ujar Sandberg.

Dari 5 juta perusahaan pengiklan di Facebook, industri terbesar adalah e-commerce, hiburan atau media, dan ritel. 75 persen dari 5 juta perusahaan itu berada di luar Amerika Serikat, dan pasar dengan pertumbuhan terbesar adalah India, Thailand, Brasil, Meksiko, dan Argentina. Hampir 50 persen perusahaan menciptakan iklan untuk perangkat mobile. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help