Linmas Bukan Hanya Untuk Pemilu, Pelatihan Tanggap Bencana di Karimun

Pelatihan tanggap bencana melibatkan Linmas di Karimun. Linmas diberdayakan menangani bencana, tidak hanya pengamanan Pemilu saja

Linmas Bukan Hanya Untuk Pemilu, Pelatihan Tanggap Bencana di Karimun
tribunbatam/elhadif putra
Pembukaan pelatihan tanggap bencana di aula Hotel Balai View Tanjung Balai Karimun 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Agar bisa tanggap bencana, sebanyak 50 personil Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Karimun diberikan pelatihan.

Baca: Tanda Merah di Leher Ayu Ting Ting Ini Bikin Heboh, Kegigit Tawon Atau?

Hal ini dikarenakan Linmas merupakan garda terdepan bagi masyarakat dan banyak dibutuhkan lingkungan, sebagaimana yang tertera di Permen Nomor 84 tahun 2014.

Pelatihan penanggulangan deteksi dini dalam bencana ini dilaksanakan selama dua hari. Pembekalan diberikan oleh Kepala Basarnas Karimun Saleh, Kasatpol PP Karimun TA Rahman dan BPBD Provinsi Kepri ini. Pembukaan dilaksanakan di aula Hotel Balai View Tanjung Balai Karimun.

Disebutkan Kasi Perlindungan Masyarakat Satpol PP Provinsi Kepri, R Syaiful Anwar, pelatihan juga dilakukan di Kabupaten dan Kota lainnya di Provinsi Kepri. Setelah diberikan teori selanjutnya para anggota linmas akan melakukan praktik lapangan.

"Peserta linmas seluruh Kepri yang dilatih sebanyak 3.500 orang," kata Syaiful.

Syaiful menambahkan saat ini fungsi linmas menurut masyarakat hanya di saat momen tertentu seperti Pemilu. Namun sebenarnya linmas adalah penjaga keamanan yang paling depan di masyarakat.

"Bahkan selama ini linmas dipandang negatif di masyarakat. Kita berikan motivasi ilmu untuk memperkuat kedudukan linmas ini," ujarnya.

Dalam acara yang sama Kasatpol PP Karimun, AKBP TA Rahman menjelaskan dalam pelatihan ini anggota linmas diberi bekal mengetahui cara-cara penanggulangan bencana.

"Jadi linmas yang langsung turun apabila ada bencana dan melaporkan pada kita. Bukan hanya itu tapi untuk terciptanya keamanan dan kenyamanan di masyarakat kita harus berdayakan linmas," jelas Rahman. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved