Terungkap! Baru 60 Persen Warga Anambas Miliki KIS, Kejar Deadline Januari 2019!

Ternyata baru 60 persen warga Anambas memiliki Kartu Indonesia Sehat. Pemkab mengejar target Januari 2019 tuntas. Ini strateginya!

Terungkap! Baru 60 Persen Warga Anambas Miliki KIS, Kejar Deadline Januari 2019!
Istimewa
Kartu sakti (Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Keluarga Sejahtera) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Masyarakat Anambas yang baru memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) baru mencapai 60 persen dari 43 ribu jumlah penduduk.

Kepala Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan wilayah Kepri di Tanjungpinang dr. Lenny Marlina Manalu mengatakan, dari 43 ribu jumlah penduduk berdasarkan data dari

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Anambas, baru 28.194 jiwa yang sudah terdaftar, sementara sekitar 15 ribu jiwa penduduk Anambas masih belum terdaftar pada program Pemerintah Pusat ini.

Baca: Tanda Merah di Leher Ayu Ting Ting Ini Bikin Heboh, Kegigit Tawon Atau?

"Dari 28.194 jiwa yang sudah terdaftar ini, terdapat dua segmen yakni Penerimaan Bantuan Iuran (PBI) yang berasal dari APBN sebanyak 5.939 jiwa, serta 11.963 jiwa yang pembayarannya bersumber dari APBD. Kemudian untuk non PBI seperti PNS, TNI/Polri, pensiunan sekitar 9.581 jiwa. Untuk peserta yang mendaftar secara perseorangan sebanyak 711 orang," ujarnya Rabu (12/4/2017).

Dalam sosialisi JKN-KIS kepada sejumlah awak media di salahsatu tempat makan di jalan Selayang Pandang (SP) Tarempa, pihaknya menambahkan jumlah penduduk yang belum masuk serta terdata lebih dikarenakan masyarakat yang tidak sempat untuk mengurus untuk mendaftar, selain ada beberapa dari masyarakat yang belum mengetahui adanya program ini. Target dari Pemerintah Pusat yang mewajibkan seluruh rakyat Indonesia menjadi peserta JKN-KIS pada 1 Januari 2019 pun, terus digesa oleh pihaknya, salahsatunya dengan menggandeng stakeholder di Pemerintah Daerah. (*)

Berita Terkait Baca Harian Tribun Batam Edisi Kamis (13/4/2017)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help