Batam Terkini

Blangko KTP Elektronik Terbatas, Ini Syarat Warga yang Dapat Prioritas

Sekitar 10 ribu lembar blangko KTP elektronik telah tiba di Batam sejak beberapa hari lalu. Angka tersebut masih harus dibagi ke seluruh kecamatan.

Blangko KTP Elektronik Terbatas, Ini Syarat Warga yang Dapat Prioritas
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Proses perekaman data KTP Elektronik, belum lama ini 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Sekitar 10 ribu lembar blangko KTP elektronik telah tiba di Batam sejak beberapa hari lalu. Melihat jumlah itu, memang masih banyak yang kurang. Dari Kecamatan Bengkong, contohnya. Dari 8.600 berkas KTP el yang masuk sejak September 2016 hingga pekan pertama April lalu, hanya 983 di antaranya yang bisa dilayani. Sisanya menyusul secara bertahap.

"Blangko yang kita terima 983. Masih kurang sekitar 7.600 sekian," kata Camat Bengkong, Yudi Admaji saat dihubungi Tribun, Rabu (12/4/2017).

Jumlah itu, juga lebih sedikit dari berkas permohonan yang masuk pada September lalu. Yakni 2.312 berkas. Siapa masyarakat yang lebih dahulu mendapat KTP el?

Yudi mengatakan, ada 983 nama yang mendapat prioritas lebih dahulu untuk mendapatkan KTP el. Mereka merupakan orang yang memasukkan berkas permohonan pada periode September-Oktober 2016 lalu.

Kriterianya, orang yang baru pertama kali merekam. Selain itu, mereka yang berusia 17 tahun, dan pelajar tingkat SMA/SMK yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.

"Kenapa mereka dapat prioritas? Arahannya, kita ingin mengejar target semua masyarakat punya Nomor Induk Kependudukan (NIK). Makanya untuk yang perpanjangan atau ganti KTP, kita tunda. Tunggu blangko KTP el berikutnya datang," ujar dia.

Pencetakan 983 blangko KTP el yang diterima untuk Kecamatan Bengkong itu, lanjut Yudi, akan dimulai pada Kamis (13/4/2017). Adapun nama-nama masyarakat yang mendapat prioritas KTP el, sudah ditempel di papan pengumuman di Kantor Camat Bengkong.

Untuk pendistribusian, nantinya staf kecamatan akan mengirimkan pesan singkat atau menghubungi masyarakat via handphone. Itu sebabnya, Yudi meminta masyarakat bersabar. Di sisi lain, pihaknya juga masih menerbitkan surat keterangan pengganti KTP el, hingga keseluruhan blangko KTP el yang dibutuhkan tiba di Batam.

"Kami imbau masyarakat tak perlulah ramai-ramai datang ke kantor. Karena saat memasukkan berkas permohonan kan sudah diminta nomor hp yang bisa dihubungi. Tapi kalau mau datang juga, silahkan. Nama-nama yang dapat prioritas sudah kami tempel," kata Yudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Said Khaidhar mengatakan, Batam masih butuh lebih kurang 70 ribu blangko KTP el. Said belum tahu kapan pastinya blangko KTP el berikutnya akan didatangkan Kementerian Dalam Negeri. Namun ia berharap bisa sesegera mungkin.

"Tahap pertama Batam dapat 10 ribu blangko KTP el dan sudah kita serahkan ke setiap kecamatan. Tahap berikutnya, belum tahu. Kami masih menunggu," ujar Said. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help