TribunBatam/

Sebelum Terlambat, Kenali Tujuh Gejala Awal Kanker Sejak Dini

Pengobatan dan perawatan kanker yang menghabiskan biaya sangat besar, sering kali menimbulkan stres pada pasien dan keluarganya.

Sebelum Terlambat, Kenali Tujuh Gejala Awal Kanker Sejak Dini
NOVA
ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Kanker dianggap sebagai salah satu penyakit yang menakutkan. Pasalnya, hingga kini kanker belum diketahui penyebabnya dengan jelas.

Pengobatan dan perawatan yang menghabiskan biaya sangat besar, sering kali menimbulkan stres pada pasien dan keluarganya. Selain itu, gejala awal kanker pun sering muncul tanpa disadari.

Menurut Dr Paulus W. Halim, praktisi radiaestesi medik dan pengobatan integratif, sel kanker sebenarnya terdapat pada tubuh setiap orang. Namun, tidak pada semua manusia, sel kanker aktif dan berkembang menjadi penyakit yang menakutkan.

"Gen di dalam tubuh kita bermutasi. Tetapi mutasi itu dapat diatasi bila sistem kekebalan tubuh bekerja dengan benar. Karena, kunci menghadapi kanker adalah imunitas tubuh,” ungkapnya dalam acara Gunnebo Indonesia Adakan Edukasi Penanganan Integratif terhadap Kanker beberapa waktu lalu di WTC, Jakarta.

Dr. Paulus mengatakan, ada empat faktor risiko penyakit kanker, yaitu:

1. Faktor genetik

2. Faktor lingkungan atau karsinogen seperti radiasi, cemaran zat kimia, virus, hormon, dan sebagainya.

3. Faktor gaya hidup seperti merokok, kelebihan lemak, makanan berpengawet, minuman beralkohol, dan lainnya.

4. Stres.

Meski begitu, banyak penderita kanker yang tak menyadari dirinya terserang kanker. Gejala awal kanker pun lebih sering tak disadari.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help