Suka Daging Merah? Konsumsi Juga 10 Makanan Ini Untuk Netralkan Kolesterol

Anda penyuka hidangan serba daging, terutama daging merah seperti olahan daging kambing dan sapi? Jangan lupa hidangkan makanan ini untuk menetralkan.

Suka Daging Merah? Konsumsi Juga 10 Makanan Ini Untuk Netralkan Kolesterol
www.weeklyhealthylife.com
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Anda penyuka hidangan serba daging, terutama daging merah seperti olahan daging kambing dan sapi? Walaupun enak, tapi jika dikonsumsi secara rutin, daging merah bisa membahayakan kesehatan dan memicu berbagai masalah kesehatan, seperti kolesterol dan darah tinggi.

Solusinya? Akali dengan konsumsi makanan-makanan pendamping berikut ini:

1. Acar Timun dan Bawang

Suka makan satai kambing? Kalau begitu, jangan lupa buat menyantap acar timun dan bawang merah mentah yang jadi pelengkapnya. Tak cuma menetralisir pekatnya rasa satai, acar ini juga bisa membantu menetralisir kolesterol jahat pada olahan daging.

Bawang merah mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Mentimun juga memiliki khasiat yang sama.

2. Teh

Buat pendamping sajian gulai atau satai, Anda bisa menyiapkan segelas teh tawar untuk pelepas dahaga. Teh bisa menjaga kadar kolesterol LDL.

Anda bisa memilih teh hitam yang sedikit pekat atau teh putih yang lebih ringan. Segelas teh hijau juga bisa dijadikan alternatif sehat. Pasalnya minuman ini mengandung katekin yang ampuh untuk membersihkan kolesterol jahat dalam darah.

3. Jus Jeruk

Tidak suka mengonsumsi teh tawar? Kalau begitu ganti saja dengan jus jeruk tanpa gula. Minuman yang terbuat dari buah sitrus seperti lemon, jeruk, dan limau mengandung pectin. Pectin ini bisa menurunkan kadar kolesterol sampai 7 persen.

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help