Batam Terkini

TERUNGKAP! Kenaikan Gaji Pimpinan BP Batam Diajukan Tahun Lalu. Angkanya Ditentukan Menteri Darmin

Pengajuan besaran gaji bukan berasal dari pimpinan BP Batam yang baru, melainkan dari Menko Ekonomi Darmin Nasution.

TERUNGKAP! Kenaikan Gaji Pimpinan BP Batam Diajukan Tahun Lalu. Angkanya Ditentukan Menteri Darmin
kompas.com
ilustrasi gaji 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Anggota Deputi IV BP Batam, Purba Robert Sianipar mengungkapkan, pengajuan gaji oleh pimpinan BP Batam sebenarnya sudah berlangsung sejak 2016 lalu.

"Gaji itu sebenarnya sudah dari April, tahun lalu. Prosesnya saja yang lama," kata Robert, Selasa (18/4/2017).

Dia pun menegaskan, pengajuan soal besaran gaji itu bukan berasal dari pimpinan BP Batam yang baru, melainkan dari Menko Ekonomi Darmin Nasution, yang tak lain Ketua Dewan Kawasan PBPB Batam.

"Itu arahan Pak Menko. Memang sudah begitu sejak kami masuk," ujar dia.

Baca: DPR RI: Jika Dirugikan Ajukan Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi

Baca: Soal Sengketa Kewenangan di Batam, Gubernur: Kami Juga Capek, Asik Rapat Tak Ada Hasil

Baca: Ikut Nyoblos di TPS Ini Berhadiah Sepeda Motor dan Voucher Belanja

Robert mengatakan, adapun besarannya yang fantastis, itu sebagai kompensasi dari tantangan yang diberikan kepada tujuh pimpinan baru BP Batam saat itu.

"Seperti Pak Eko. Dahulunya kan di Berau. Karena diberikan tantangan bekerja di BP Batam, diberikanlah kompensasi yang menarik," kata Robert.

Sebelumnya diberitakan, di tengah kelesuan ekonomi dan masih belum maksimalnya pelayanan perizinan di BP Batam, muncul surat terkait remunerasi pimpinan BP Batam. Dalam surat itu tertulis BP Batam telah mengusulkan remunerasi pimpinan BP Batam kepada DK Batam untuk dapat diteruskan ke Menteri Keuangan.

Itu berdasarkan surat Nomor B-105/KA/3/2017 tertanggal 8 Maret 2017. Dalam surat itu untuk gaji pokok kepala BP Batam diajukan sebesar Rp 80 juta. Insentif minimal Rp 10.083.000, insentif maksimal Rp 48,4 juta. Total Rp 128,4 juta.

Sedangkan untuk posisi wakil dan anggota, gaji pokok yang diusulkan Rp 62.988.000, insentif minimal Rp 7.688.000, insentif maksimal Rp 39,6 juta. Totalnya Rp 99.888.000.

Sementara itu, Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andiantono yang dikonfirmasi soal pengajuan gaji pimpinan BP Batam, mengaku baru mendapat informasi tersebut dari pernyataan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun di koran.

"Saya juga baru tahu. Kita tunggu sajalah prosesnya bagaimana," kata Andi. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help