Mellennial

Jangan Biarkan Nyeri Haid Mengganggu Harimu. Coba Lakukan Hal Ini

dr Gina Rotty, SpOG, spesialis rahim dan kandungan RS Awal Bross Batam mengatakan saat menstruasi lapisan rahim akan terkelupas secara periodik.

Jangan Biarkan Nyeri Haid Mengganggu Harimu. Coba Lakukan Hal Ini
TRIBUN BATAM
Mellennial 

NYERI bulanan karena haid, pastinya tidak menyenangkan ya para Mellenials wanita? Perut berasa seperti diremas-remas ya guys.

Bahkan ada pula nih, sejumlah cewek yang sampai tidak bisa melakukan aktivitas apa pun karena nyeri menstruasi.

Nyeri akibat menstruasi kerap diderita sejumlah wanita. Menurut dr Gina Rotty, SpOG, spesialis rahim dan kandungan di RS Awal Bross Batam, saat menstruasi lapisan rahim (uterus) akan terkelupas secara periodik.

Kemudian akan dibuang melewati lubang kecil jalan lahir sebagai darah mens. Sakit perut saat haid dinamakan dismenore.

Dismenore terbagi atas dua yakni primer dan sekunder. Dismenore primer adalah rasa sakit saat haid sejak awal mulai haid.

Dismenore sekunder adalah rasa sakit haid yang muncul secara tiba-tiba padahal sebelum-sebelumnya tidak pernah mengalaminya.

Menurut Gita, ada beberapa faktor penyebab dismenore primer yakni pendaharan yang hebat saat haid, siklus menstruasi yang tidak teratur, belum pernah melahirkan, pubertas dini, dan riwayat keluarga dismenore.

Sedangkan penyebab dismenore sekunder dapat dikarenakan kondisi medis, seperti sel-sel lapisan rahim yang tumbuh di luar rahim, lapisan rahim tumbuh ke dalam dinding otot rahim, tumor jinak bukan kanker, penyakit radang panggul, dan leher rahim sangat kecil sehingga memperlambat aliran darah haid.

Dokter Gina menyatakan dismenore primer dimulai dalam 6 hingga 12 bulan saat pertama kali menstruasi. Sedangkan dismenore sekunder terjadi ketika wanita berumur 20-an atau 30-an tahun.

"Penyebab dismenore primer yaitu faktor psikologis yang biasanya terjadi pada usia remaja dengan ditandai emosi tidak stabil, rasa nyeri yang rendah. Lalu ada faktor endokrin yang dihubungkan dengan kontraksi usus yang tidak baik," ungkap Dokter Gina, belum lama ini.

Halaman
12
Tags
nyeri
Haid
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help