TribunBatam/

Pilih Nanas yang Manis dan Segar Begini Caranya

Daging buah nanas yang berwarna kuning cerah, lembut, dan berair ini mengandung banyak vitamin. Terutama, vitamin C.

Pilih Nanas yang Manis dan Segar Begini Caranya
shutterstock
Buah Nanas 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Nanas berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Tidak seperti buah lainnya, nanas tumbuh lebih rendah dengan 30 atau lebih daun yang panjang dan tajam, yang mengelilingi batangnya.

Daging buah nanas yang berwarna kuning cerah, lembut, dan berair ini mengandung banyak vitamin. Terutama, vitamin C.

Kulit nanas yang bersisik tajam, cukup menyulitkan kita untuk memegangnya. Tapi, tidak perlu bingung. Sebab, selain dengan cara memegang, masih ada cara memilih nanas lainnya. Untuk Anda, tabloidnova.com berikan tips cara memilih buah nanas yang manis dan segar.

Baca: Ternyata, Garam Bukan Bikin Anda Haus tetapi Lapar

Baca: Tas Balenciaga Seharga Rp 28 Juta Dibilang Mirip Tas Plastik Ikea. Lihat Penampakannya!

Baca: TERUNGKAP! Dapur Bernuansa Oranye Bikin Penghuni Rajin Masak. Penasaran?

Cium aromanya
Nanas yang sudah matang akan mengeluarkan aroma manis. Kalau nanas tidak memiliki aroma, berarti belum matang. Tapi, perhatikan juga dengan saksama apakah aroma manis itu merupakan fermentasi atau tidak. Jangan pilih nanas yang beraroma terlalu matang seperti alkohol atau mirip cuka.

Kulitnya segar
Nanas yang bagus bisa dilihat dari warna kulitnya yang kuning keemasan. Namun, nanas yang hijau bukan berarti mentah. Sebagian nanas matang warna kulitnya masih hijau. Hindari nanas dengan kulit berkerut, kulit coklat kemerahan, retak atau bocor, berjamur, atau berdaun layu coklat.

Daunnya hijau
Perhatikan pula warna daun nanas. Pilih nanas yang berdaun hijau cerah. Nanas yang matang daunnya juga dapat dipetik dari bagian atas dengan mudah. Tapi, kalau daunnya terlalu mudah dipetik, bisa jadi nanas sudah busuk.

Tekan dengan jari
Meski kelihatannya keras, tapi nanas yang matang empuk bila ditekan dengan jari. Kalau saat ditekan, nanas masih keras, artinya nanas belum matang. Sebaliknya, kalau terlalu empuk, bisa jadi nanas sudah terlalu matang dan nyaris busuk. (*)

Tags
Nanas
segar
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help