TribunBatam/

Imigrasi Tanjung Uban Tegaskan Tak Persulit Pengurusan Paspor Warga. Benarkah?

Imigrasi Tanjung Uban tegaskan tak persulit pengurusan paspor sepanjang penuhi ketentuan ini. Benarkah?

Imigrasi Tanjung Uban Tegaskan Tak Persulit Pengurusan Paspor Warga. Benarkah?
tribunbatam/aminnudin
Ilustrasi. Sejumlah TKA ilegal diamankan di imigrasi Tanjunguban 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Kepala Imigrasi Kelas II Tanjunguban melalui Humas media relationshipnya, Hibah Riansyah, menegaskan, tidak ada upaya pihaknya mempersulit warga mengurus paspor.

Baca: Geger! Foto Polwan Berjudul Skandal Seks Kapolres Prabumulih Tersebar di Facebook

Baca: Heboh! Kepala Kemenag Ini Dituding Begituan Dengan Pegawainya di Toilet Kantor. Begini Versinya!

Apa yang dilakukan pihaknya sebetulnya adalah memperketat pengawasan. Hal itu penting dilakukan guna mencegah orang atau pemhon bekerja ke luar negeri dengan jalur non prosedural atau jalur ilegal.

"Jadi prinsipnya begini, kita ini tidak mempersulit pemohon seperti yg dikeluhkan kemarin. Kita ini bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP). Sekarang ini kan sedang booming kabar TKI non prosedural (TKI Ileal, takutnya nanti ada yang mau berangkat tanpa izin resmi, makanya kita sampaikan ke yang bersangkutan (pemohon) dan keluarga (pemohon),"kata dia, Jumat (21/4).

Hibah mengatakan, apa yang mereka lakukan selama ini semua dilandasi aturan tegas sesuai prinsip kerja keimigrasian. Prinsip hati hati dan ferivikasi sangat ditenkankan dalam hal ini. Hal ini dalam rangka melindungi warga negara Indonesia (WNI) agar di negara lain tidak bermasalah ke depannya.

Merujuk catatan Imigrasi Kelas II Tanjunguban, sepanjang 2017, telah ada 7 pemohon ditolak penerbitan paspornya. Alasannya adalah, para pemohon terindikasi akan bekerja ke luar negeri tanpa izin resmi atau jalur non prosedural. "Benar, ada tujuh pemohon ditolak, alasan kami, tujuh pemohon tersebut terindikasi mau bekerja ke luar negeri tanpa izin resmi,"kata Hibah.

Terkait warga pada Kamis kemarin yang mengeluhkan telah dipersulit mengurus paspor, Hibah memastikan, pada Jumat pihaknya sudah memproses berkas pemohon. "Hari ini (Jumat) sedang diproses (berkasnya) untuk penerbitan pasport,"kata Hibah. (*)

Berita Terkait Baca Harian Tribun Batam Edisi Sabtu (22/4/2017)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help